Selasa 22 Jan 2019 22:13 WIB

Ferguson Turun Tangan Bantu Solskjaer

Manchester United benar-benar bangkit di bawah polesan Ole Gunnar Solskjaer.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Sir Alex Ferguson
Foto: EPA/JEAN-CHRISTOPHE BOTT
Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER --Manchester United benar-benar bangkit di bawah polesan Ole Gunnar Solskjaer. Iblis Merah menang tujuh kali beruntun di semua kompetisi, sejak pertama kali Solskjaer menapakan kakinya di pusat latihan Carrington.

Memang tidak ada tambahan pemain baru untuk Solskjaer. Namun, pria berusia 45 tahun tersebut mengubah hal yang paling mendasar dari United, yaitu filosofi bermain. Dari bertahan ala Jose Mourinho, menjadi menyerang sebagaimana ruh dari permainan MU selama ini. Namun, Solskjaer tidak sendiri. Ternyata pelatih legendaris MU Sir Alex Ferguson juga turun tangan membantu pelatih asal Norwegia tersebut.

Dikutip dari Manchestereveningnews, Selasa (22/1), Ferguson memberikan nasihat untuk mantan pemainnya tersebut dalam seleksi tim di Manchester United. Bahkan, sumber di ruang ganti mengungkapkan, pria berusia 77 tahun tersebut membantu Solskjaer memilih pemain dan menganalisi pertandingan yang akan dilakoni. Ferguson memang bukan orang asing bagi Solskjaer. Sebab ia pernah dilatih Ferguson selama 11 tahun selama di Old Trafford.

Sebuah laporan menunjukan Ferguson berada di Carrington sehari sebelum MU menang 1-0 atas Tottenham Hotspur. Mantan pelatih paling sukses Iblis Merah tersebut menyaksikan para penggawa United berlatih hampir selama 24 jam. Solskjaer telah membuat 12 perubahan dalam enam kemenangan beruntun di Liga Inggris, dan membuat sembilan perubahan saat menang 2-0 atas Reading di Piala FA.

 

Usai menang lawan Spurs, Ferguson dikabarkan memberikan sinyal kepada Solskjaer, usai mantan striker United, Giuseppe Rossi menyelesaikan latihan di Carrinton, dimana pemain asal Italia tersebut sedang mengembalikan kebugarannya untuk mencari klub baru. Meskipun Solskjaer menegaskan bahwa klub tak berniat merekrut Rossi. ''Tapi dia (Rossi) berlatih dengan baik bersama kami, terlihat tajam,'' jelas Solskjaer.

Dalam proses latihan, Solskjaer mengatakan Rossi mencetak gol fantastis selama latihan. Paling tidak, lanjut Solskjaer, itu membantunya untuk bisa bugar jika ada klub yang ingin meminangnya. Peran konsultan de facto Ferguson yang luar biasa itu dilakukan delapan bulan usai dia menderita pendarahan di otaknya. Ferguson menghadiri pertandingan United pertamanya sejak sakit saat lawan Wolver di Old Trafford pada September.

Ferguson muncul pertama kalinya di kompleks latihan klub setelah penyembuhannya pada 30 Desember lalu, jelang lawan Bournemouth. Solskjaer juga tak bisa menyembunyikan keingannya untuk dibantu oleh sosok yang 27 tahun menjadi juru taktik United. Apalagi, dirinya berharap dikontrak secara permanen, mengingat Solskjaer hanya ditunjuk sebagai pelatih interim hingga akhir musim ini.

''Saya telah bersamanya selama 15 tahun. Jelas dia sangat mempengaruhi saya selama 15 tahun itu daripada yang dia lakukan pekan lalu. Tapi saya tetap memberikan informasi kepadanya,'' ungkap Solskjaer.

Menurut Solskjaer, Ferguson sangat menikmati waktunya di pusat latihan. Ferguson, lanjut dia, sempat berbincang dengan pemain dan staf untuk menyemangati tim. Apalagi, Ferguson sangat familiar dengan staf Solskjaer dan Mike Phelan maupun Michael Carrick. Karena mereka sempat bekerja sama selama tujuh tahun, dan mantan pelatih pengembangan United, Mark Dempsey juga kembali bersama Solskjaer.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement