Kamis 24 Jan 2019 22:03 WIB

Real Madrid Geser MU Sebagai Klub Terkaya di Dunia

MU terpeleset ke posisi tiga dengan pendapatan turun dua persen dibanding tahun lalu.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Real Madrid merayakan gelar Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Al Ain, 4-1, Ahad (23/12) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Kamran Jebreili
Real Madrid merayakan gelar Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Al Ain, 4-1, Ahad (23/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid menggeser posisi Manchester United (MU) sebagai klub terkaya di dunia. Berdasarkan laporan Deloitte Football Money League, juara Liga Champions musim lalu tersebut mencatatkan rekor pendapatan musim lalu, sebesar 665 juta pound.

Pendapatan itu tepat di atas rival abadinya, Barcelona, dengan pendapatan 612 juta pound. Dikutip dari Sky Sports, Kamis (24/1), sementara Manchester United (MU) terpeleset ke peringkat ketiga, setelah mengumpulkan pendapatan sebesar 590 juta pound. Pendapatan tersebut turun dua persen dari tahun lalu.

Tim sekota MU, Manchester City, berada di peringkat kelima dengan pendapatan 504 juta pound, meningkat 11 persen dibanding musim 2016/2017.

Juara Bundesliga Jerman Bayern Muenchen menempati peringkat empat untuk dua tahun beruntun dengan penghasilan 557 juta pound. Sementara, klub raksasa Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain naik satu peringkat ke posisi enam, dengan penghasilan 480 juta pound.

Di sisi lain, pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, Liverpool, meraih peningkatan pendapatan terbesar klub dengan berada di 10 besar. Pendapatkan the Reds meningkat 25 persen menjadi 455 juta pound. Peningkatan pendapatan yang tinggi juga terjadi pada Chelsea, yaitu sebesar 22 persen dengan pendapatan 448 juta pound.

Dan Jones, Kepala Grup Bisnis Olahraga di Deloitte mengatakan, performa luar biasa keuangan Real Madrid pada 2017/2018 dibangun dari sejarah panjang kesuksesan klub di lapangan. Los Blancos meraih gelar Liga Champions tiga musim berturut-turut. ''Ini membuat klub mampu mengendalikan pendapatan komersial sebagai keinginan yang kuat kepada partner sebagai klub paling sukses di Eropa,'' kata Dan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement