Senin 28 Jan 2019 18:57 WIB

Christian Hadinata: Perlu Kerja Keras Cari Pengganti Butet

Pebulu tangkis putri di nomor ganda campuran belum ada yang selevel Liliyana.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Indonesia spesialis ganda campuran, Liliyana Natsir
Foto: Humas PBSI
Pemain Indonesia spesialis ganda campuran, Liliyana Natsir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pihak menyoroti keputusan pensiun Liliyana Natsir dari dunia bulu tangkis. Salah satunya legenda hidup tepok bulu, Christian Hadinata.

Christian berpendapat pebulu tangkis putri Indonesia di nomor ganda campuran belum ada yang selevel Liliyana. Sehingga, tugas berat bagi federasi atau tim pelatih menemukan pengganti sosok yang akrab disapa Butet itu.

"Bukan cuma PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) secara umum, tapi ini menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih-pelatih di sektor ganda campuran," kata tokoh asal Purwokerto, Jawa Tengah, ini saat dihubungi Republika.co.id, Senin (28/1).

photo
Christian Hadinata

Christian menilai selama ini Butet selalu menjadi andalan Tanah Air ketika mentas di turnamen internasional. Wanita kelahiran Manado 33 tahun silam itu berpasangan dengan Tontowi Ahmad di nomor ganda campuran.

Pasangan ini terkenal dengan sapaan Owi/Butet. Prestasi tertingginya adalah meraih medali emas Olimpiade Rio de Janiero 2016. "Jujur saja, mencari pengganti Butet perlu kerja keras. Berat juga," ujar Christina.

Kini Olimpiade 2020 tinggal setahun lagi. Baik federasi maupun tim pelatih harus segera menemukan pengganti Butet sebelum berlaga di Tokyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement