Selasa 29 Jan 2019 21:25 WIB

Striker Timnas Cina Dipinang Espanyol

Langkah Wu dianggap bersejarah dalam perjalanan sepak bola Cina.

Logo Klub Espanyol.
Foto: oleole.com
Logo Klub Espanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Striker andalan tim nasional (timnas) Chna Wu Lei rela meninggalkan klubnya Shanghai SIPG demi petualangan pertamanya di Espanyol, klub kontestan La Liga Spanyol. Pemain yang baru saja memperkuat timnas Cina di Piala Asia 2019  Uni Emirat Arab (UEA) itu menandatangani kontrak tiga tahun dengan Espanyol.

"Espanyol telah memantau Wu Lei sejak lama dan penampilan terbaiknya juga menarik beberapa klub Liga Premier Inggris," demikian pernyataan Espanyol dalam bahasa Mandarin, Selasa (29/1).

Espanyol juga memastikan Wu akan mengenakan kostum tim barunya yang bermarkas di Barcelona itu dengan nomor punggung 24. Pada saat rekan setimnasnya pulang kampung untuk merayakan Tahun Baru Imlek setelah langkah Cina terhenti di babak perempat final Piala Asia, Sina Sports melaporkan bahwa Wu masih berada di UEA untuk memastikan kontraknya dengan klub baru La Liga itu.

Hal itu menjadikan Wu sebagai pesepak bola Cina pertama yang menandatangani kontrak permanen dengan klub papan atas Spanyol. Memang sebelumnya Zhang Chengdong yang saat ini membela klub Hebei China Fortune telah menjadi pemain daratan Tiongkok pertama yang bermain di La Liga pada Desember 2015. Namun ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari klub Beijing Guo'an.

Langkah Wu dianggap bersejarah dalam perjalanan sepak bola Cina karena pemain penyerang itu sudah lama mengidamkan bisa tampil di liga-liga utama Eropa. Sebelumnya, Zhang Yuning merupakan satu-satunya wakil Cina di divisi elite Eropa, meskipun ia harus berjuang di klub papan atas Liga Belanda dengan status pemain pinjaman dari klub Inggris West Bromwich.

Wu telah 27 kali merumput untuk mengantarkan Shanghai SIPG menjuarai Liga Super Cina (CSL) pada musim kompetisi tahun lalu. Pemain berusia 27 tahun itu juga menunjukkan kelasnya di Piala Asia saat ia mencetak dua gol dari kemenangan 3-0 atas Filipina pada 11 Januari lalu untuk membawa timnas Cina ke fase gugur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement