Rabu 30 Jan 2019 08:10 WIB

Siap Tinggalkan MU, Fellaini Bakal Merumput di Liga Cina

Manajemen United sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan Shandong.

Marouane Fellaini
Foto: EPA-EFE/FEHIM DEMIR
Marouane Fellaini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa lima setengah tahun Marouane Fellaini di Manchester United berakhir. Menurut laporan Telegraph, Selasa (29/1), gelandang timnas Belgia ini sudah menjalin kesepakatan personal dengan klub Liga Super Cina. Manajemen United sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan Shandong, yang saat ini berada di urutan ketiga kompetisi papan atas Cina.

Fellaini, 31, memiliki kontrak 18 bulan tersisa dengan bayaran 140 ribu pound per pekan. Ia diyakini telah menyetujui persyaratan pribadi dengan Shandong, yang telah mengirim delegasi ke Manchester dalam upaya untuk menyelesaikan kesepakatan. Fellaini melakukan perjalanan kembali ke Manchester dari Antwerp pada Selasa, di mana ia telah menerima perawatan di klinik Move to Cure karena cedera betis yang membuatnya absen. Dia tidak berada dalam pasukan Iblis Merah menghadapi Burnley di Old Trafford pada Rabu (30/1) dini hari WIB.

United belum memberikan informasi apakah biaya telah disepakati antara klub atau berapa banyak yang mereka inginkan untuk Fellaini. Jendela transfer Cina baru akan pada 28 Februari, sehingga tidak ada tekanan waktu pada kesepakatan yang harus dicapai sebelum penutupan jendela Inggris pada Kamis. Tetapi Shandong ingin itu dilakukan secepat mungkin.

United ingin segera mendapatkan dana segar dari penjualan Fellaini, hanya tujuh bulan setelah perpanjangan kontraknya selama dua tahun. Saat itu, pelatih Jose Mourinho yang 'memaksa' manajemen MU untuk memperpanjang kontraknya.

Fellaini merupakan pemain favorit Mourinho. Tetapi masa depan sang pemain dalam keraguan ketika pelatih Portugal itu dipecat sepekan sebelum Natal. Fellaini tidak memiliki harapan menjadi pilihan utama pelatih baru Ole Gunnar Solskjaer, yang menginginkan sepak bola dimainkan lebih cepat.

Fellaini hanya bermain 31 menit di bawah kendali sang manajer sementara. Ia masuk sebagai pemain pengganti dalam kemenangan atas Cardiff dan Reading. Gaya permainannya tidak sesuai dengan arahan pelatih asal Norwegia itu.

Paul Pogba, Nemanja Matic, dan Ander Herrera membentuk lini tengah pilihan pertama Solskjaer. Fellaini jadi pilihan di belakang Fred, Andreas Pereira, dan Scott McTominay. Solskjaer juga tertarik untuk mencoba dan mempercayakan kepada para penggawa muda klub yang bercita-cita tinggi.

Fellaini akan menjadi yang terbaru dalam serangkaian kiprah pemain internasional Belgia ke Cina dalam beberapa tahun terakhir jika kesepakatan tercapai. Sebelumnya, Mousa Dembele meninggalkan Tottenham ke Guangzhou R&F di Cina dengan harga 11 juta pound, bulan ini. Yannick Carrasco bergabung dengan Dalian Yifang tahun lalu, tetapi ia ingin pergi dan sedang dalam pembicaraan dengan Inter Milan. Axel Witsel menghabiskan 18 bulan di Tianjin Quanjian sebelum pindah ke Borussia Dortmund, musim panas lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement