Kamis 31 Jan 2019 03:03 WIB

Si Maradona Cina Siap Menyihir La Liga

Wu dipastikan jadi pesepak bola Cina yang dikontrak secara permanen oleh klub Eropa.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Wu Lei berseragam Espanyol.
Foto: EPA/Andreu Dalmau
Wu Lei berseragam Espanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kecepatan dan tekniknya dalam menggiring bola membuka jalan bagi Wu Lei untuk merumput di Benua Biru. Pesepak bola asal Cina yang memperkuat klub Shanghai SIPG kini menabur rasa cemburu bagi ribuan bahkan jutaan pesepak bola Asia yang ingin bermain di Eropa. Wu Lei resmi diikat Espanyol klub kontestan La Liga Spanyol.

Seperti dilansir Football Espana, Selasa (29/1), pemilik klub asal Katalan yang juga berkebangsaan Cina, Chen Yansheng, dilaporkan memiliki keinginan kuat untuk membawa seorang pemain dari kampung halamannya ke Stadion RCDE dan negosiasi berjalan lancar.

Tim berjuluk Periquitos meresmikan perekrutan Wu Lei dengan memberikan kontrak berdurasi tiga tahun ke depan. Wu, sapaan akrabnya, dinilai sebagai pemain dengan talenta menarik dan siap memberikan kontribusi lebih bagi klub yang dibela.

"Saya selalu bermimpi ingin main di Eropa, dan saya merasa cukup matang untuk menghadapi tantangan. Ini tanggung jawab besar dan saya menyukainya," kata Wu Lei sebagaiaman dilansir laman resmi klub.

Bersama tim sekota Barcelona, Wu akan menggunakan nomor punggung 24. Selain itu, ini merupakan rekor terbaru bagi kompetisi La Liga. Pasalnya, kedatangan Wu dipastikan sebagai pesepak bola asal Cina permanen yang memperkuat klub dari divisi utama di Negeri Matador.

Penyerang berusia 27 tahun itu telah mencetak rekor sebagai top skorer sepanjang sejarah Liga Super Cina. Wu yang dijuluki 'Maradona asal Cina' tercatat sukses mengukir 102 gol dalam 172 penampilannya di kompetisi tersebut. Fantastisnya lagi, Wu kerap mengklaim dirinya sebagai top skorer Liga Cina di setiap musimnya.

Bukti teranyar kehebatan Wu diperlihatkan pada kompetisi Piala Asia. Bersama timnas Cina Wu mencetak dua gol dari kemenangan 3-0 atas Filipina, sekaligus membawa Cina melangkah ke fase knock-out.

Label Maradona di pundak Wu Lei tentunya menjadi daya tarik para pencinta sepak bola dunia, khususnya fan Espanyol. Namun, yang pasti di sisi lain brand image yang sudah dibangun akan jadi tantangan yang cukup berat bagi diri sang pemain. Wu tentu tak ingin menghancurkan ekspektasi para fan.

Alhasil, Wu harus membuktikan kualitasnya bahwa ia pantas bersaing dengan nama-nama beken, seperti Antoine Griezmann, Karim Benzema, hingga sang bintang Lionel Messi. Masih ada permasalahan waktu baginya untuk beradaptasi dengan rekan setim dan strategi permainan tim Spanyol.

Sementara itu, kualitas Wu sudah diakui oleh beberapa pihak tak terkecuali pelatih berpengalaman Sven-Goran Eriksson yang menilai mantan anak didiknya sebagai striker cerdik. "Dia (Wu) merupakan striker terbaik Liga Cina dalam beberapa tahun terakhir. Saya melihat bagaimana kualitasnya, dia sudah seharusnya bermain di Liga Eropa," jelas Eriksson beberapa waktu lalu.

Selain itu, kedatangan Wu menjadi sebuah strategi bisnis Espanyol untuk memperluas skala pasaranya hingga ke Benua Kuning (Asia). Bahkan, beberapa penggemar Barcelona asal Cina rela mengubah haluannya menjadi mendukung Espanyol hanya karena hadirnya nama Wu Lei.

Menarik melihat wajah Asia di gelaran kompetisi elite Eropa. Meski tak ada ikatan emosional yang sebegitu besar. Namun, perjalanan karier Wu menginspirasi para pemain dari negeri ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement