Kamis 31 Jan 2019 03:42 WIB

Chiesa Hat-trick Saat Fiorentina Jegal Roma di Coppa Italia

Kemenangan besar ini mengantarkan Fiorentina mencapai semifinal.

Penyerang Fiorentina Enrico Chiesa (kiri) merayakan golnya ke gawang AS Roma pada laga perempat final Coppa Italia.
Foto: Claudio Giovannini/ANSA via AP
Penyerang Fiorentina Enrico Chiesa (kiri) merayakan golnya ke gawang AS Roma pada laga perempat final Coppa Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federico Chiesa mencetak hat-trick ketika Fiorentina mempermalukan AS Roma 7-1 pada perempat final Coppa Italia di Stadion Artemio Franchi, Firenze pada Kamis (31/1) dini hari WIB. Kemenangan besar ini mengantarkan Fiorentina mencapai semifinal. 

Jalannya laga

Chiesa sudah menjebol gawang Roma pada menit ketujuh memaksimalkan umpan matang Kevin Mirallas. Bola menyusur rumput bergerak ke depan gawang tanpa bisa dihentikan bek Roma. Chiesa hanya perlu mengarahkan si kulit bundar untuk menaklukkan kiper Robin Olsen.

Selang 11 menit, penyerang timnas Italia ini kembali mencatatkan namanya di kertas skor, lagi-lagi setelah menerima operan Mirallas. Lolos dari jebakan offiside, Chiesa kemudian hanya mencungkil bola untuk menaklukkan Olsen yang keluar dari sarangnya.

Roma berhasil memperkecil ketertinggalan lewat Aleksandar Kolarov pada menit ke-28 lewat tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Namun tak berselang lama, La Viola kembali menjauh. Kali ini Luis Muriel menjebol gawang i Lupi setelah memanfaatkan operan Cristiano Biraghi pada menit ke-33. Saat jeda, Fiorentina memimpin 3-1.

Babak kedua menjadi mimpi buruk Roma. Marco Benassi mengawali pesta gol pada menit ke-66 memanfaatkan umpan terobosan Muriel di kotak penalti. Sepakan kerasnya di sisi kiri pertahanan Roma melesak mulus melalui kedua kaki Olsen yang berusaha menghalau.

Roma yang frustrasi kehilangan Edin Dzeko pada menit ke-72. Wasit Gianluca Manganielo mengacungkan kartu merah kepada Dzeko yang berteriak memprotes pemberian kartu kuning kepada rekannya. Padahal striker jangkung ini baru masuk pada awal babak kedua.

Chiesa mencetak hat-trick pada menit ke-74. Anak dari mantan penyerang timnas Italia Enrico Chiesa memotong umpan silang Benassi sebelum dihalau pemain Roma. Sekali kontrol, ia kemudian melepaskan tendangan keras di depan gawang

Giovanni Simeone tak ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor lima menit berselang. Anak pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, menutup kemenangan meyakinkan Fiorentina lewat gol semenit jelang waktu normal berakhir. Fiorentina akan berhadapan dengan pemenangan laga Atalanta vs Juventus di semifinal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement