Jumat 01 Feb 2019 03:03 WIB

Jepang Vs Qatar, Berebut Catatan Sejarah Indah

Gawang Qatar masih perawan sepanjang gelaran Piala Asia 2019 di UEA.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Piala Asia 2019
Foto: Lip6
Piala Asia 2019

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Gelaran terbesar sepak bola Asia, Piala Asia 2019, akhirnya menghadirkan dua finalis. Jepang akan saling hantam dengan Qatar di partai puncak yang akan digelar di Stadion Zayed Sports City Stadium, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/2) malam WIB.

Laga ini akan jadi pertemuan pertama Al Annabi dengan Samurai Biru di partai final Piala Asia. Jepang memang sudah bukan nama baru sebagai finalis Piala Asia. Negeri Matahari Terbit itu merupakan negara tersukses di Piala Asia dengan koleksi empat gelar juara.

Sementara Qatar, Piala Asia kali ini merupakan sejarah baru. Qatar baru sekarang akan merasakan partai puncak Piala Asia.

"Pemain Jepang akan memenangkan trofi untuk mempertajam rekor juara," kata pelatih Jepang Hajime Moriyasu dikutip dari Japan News, Kamis (31/1).

Pelatih Qatar Felix Sanchez menyatakan, Piala Asia edisi kali ini benar-benar menjadi sejarah bagi timnya. Qatar merebut setiap partai dengan kemenangan sejak laga pertama penyisihan grup sampai semifinal.

Pelatih asal Spanyol itu mengingatkan para pemainnya belum sepatutnya terlalu puas karena tantangan lebih tinggi ada di laga final. Sanchez ingin Amoez Ali Daei dan kawan-kawan mencatatkan sejarah pertama kalinya Qatar menjadi juara Piala Asia.

"Kami berada pada tahap yang kami nantikan. Menjadi juara," ujar Sanchez dikutip dari laman resmi AFC.

Jepang maju ke final usai mengalahkan tim kuat Iran 3-0 di Hazza Bin Zayed Stadium pada Senin (28/1). Jepang menang berkat brace Yuya Osako dan satu gol Genki Haraguchi.

Adapun Qatar memastikan lolos ke partai puncak sehari setelahnya dengan menggunduli tuan rumah UEA dengan skor telak 4-0. Striker tajam Amoez Ali Daei mencatatkan gol kedelapannya di laga itu untuk memantapkan posisinya sebagai top skorer sementara Piala Asia 2019. Tiga gol Qatar lainnya tercipta lewat Bualem Khoukhi, Hasan Al Haydos, dan Hamid Ismaeil.

Tapi apapun hasil pertandingan final nanti, Qatar tidak terbantahkan lagi sebagai pemecah rekor tidak kebobolan Piala Asia. Gawang Si Merah Marun masih perawan sepanjang gelaran Piala Asia di UEA.

Rentetan clean sheet Qatar ialah saat mengalahkan Lebanon 2-0, Korea Utara 6-0, Arab Saudi 1-0 di penyisihan grup. Di fase knock out, Qatar mengalahkan Irak 1-0, Korea Selatan 1-0, dan UEA 4-0.

Jepang juga mencatatkan kemenangan 100 persen sampai laga semifinal. Bedanya, Jepang sudah kemasukan gol tiga kali. Tiga-tiganya terjadi di laga penyisihan grup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement