Sabtu 02 Feb 2019 18:16 WIB

Peluang Emas Spurs Geser City

Tottenham kini hanya terpaut dua poin dengan City yang berada di posisi kedua.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
Maurico Pochettino
Foto: EPA/SEAN DEMPSEY
Maurico Pochettino

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kemenangan atas Watford pada laga tengah pekan lalu tidak hanya membangkitkan Tottenham Hotspur yang sempat terpuruk selama tiga pekan. Kemenangan itu semakin terasa manis karena dua pesaing Spurs, Manchester City dan Liverpool, gagal memetik poin penuh.

''Tidak ada yang menyangka Liverpool akan ditahan imbang dan Manchester City bakal kalah. Tapi, itulah sepak bola,'' kata pelatih Spurs, Mauricio Pochettino, seperti dikutip Sky Sports.

Pada laga tengah pekan lalu, Manchester City secara mengejutkan dibekap Newcastle United dengan skor tipis 2-1. Sementara, Liverpool ditahan imbang Leicester City, 1-1.

Selisih poin Spurs, yang berada di peringkat ketiga, pun kian terpangkas. Tottenham kini hanya terpaut dua poin dengan City yang berada di posisi kedua.

Alhasil, laga malam ini menjamu Newcastle United di Stadion Wembley menjadi peluang emas bagi Tottenham. Jika mampu memetik kemenangan, Spurs akan menggeser City untuk menempati posisi kedua klasemen Liga Primer Inggris.

''Sekarang, kami masih berada dalam posisi yang bagus di liga,'' kata Pochettino. ''Kami harus bisa terus mendorong, bekerja keras, dan berusaha meraih kemenangan di laga-laga berikutnya.''

photo
Kiper Watford, Been Foster (kiri), menghalau bola saat menghadapi Tottenham Hotspur di London, Inggris, 30 Januari 2019. (EPA-EFE/Andy Rain)

Sebelumnya, tim besutan Maurico Pochettino itu memang mesti kehilangan Harry Kane lantaran mengalami cedera engkel kala Spurs dibekap Manchester United 0-1 di ajang Liga Primer Inggris. Petaka kembali menimpa The Lilywhites saat Delle Ali mengalami cedera hamstring di laga kontra Fulham. Kedua pemain andalan di lini depan Spurs ini pun diprediksi baru bisa kembali merumput pada Maret mendatang.

Kehilangan Kane dan Ali, ditambah absennya Song Heung-Min lantaran memperuat Korea Selatan di ajang Piala Asia, terbukti berdampak besar pada performa Spurs di atas lapangan. Akibatnya, Spurs mengalami dua kekalahan justru di saat-saat paling krusial, yaitu di babak perempat final Piala Liga dan putaran keempat Piala FA.

Di Piala Liga, Spurs tersingkir setelah menyerah 1-2 di tangan Chelsea. Sementara di ajang Piala FA, tim asal London Utara itu gagal mengatasi perlawatan Crystal Palace 0-2 dan harus puas mengakhiri langkah di putaran keempat.

Namun, seiring dengan kembalinya Son, Spurs mampu kembali ke trek kemenangan. Lewat dua gol yang masing-masing dicetak Son dan Fernando Llorente, Spurs berhasil melewati adangan Watford pada pekan ke-24 Liga Primer Inggris pada tengah pekan lalu. Kemenangan atas The Hornets itu pun diraih secara dramatis, setelah sempat tertinggal terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement