Selasa 05 Feb 2019 17:18 WIB

Ronaldo Tarik Para Fan Real Madrid Asal Cina ke Juventus

Penggemar sepak bola di Cina rata-rata karena faktor individu pemain.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo
Foto: AP Photo
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus awal musim ini telah meningkatkan popularitas dan nilai bisnis Bianconeri di Cina. Para pengamat dari Negeri Tirai Bambu berkesimpulan, popularitas Juve di Cina meningkat hingga 70 persen sejak kehadiran CR7, julukan Ronaldo, di Allianz Stadium.

Rata-rata penambahan penggemar Juventus itu berasal dari para fan yang semula menjadi penggemar Ronaldo di Madrid. "Penggemar sepak bola di Cina rata-rata karena faktor individu pemain. Bukan karena tim semata," begitu laporan pengamat di Cina dikutip dari AFP, Selasa (5/2).

Baca Juga

Laporan tersebut sejalan dengan peningkatan nilai bisnis Juventus di Cina. Penjualan merchandise, jersey, dan hak siar Juventus di Cina meningkat drastis tahun ini. Selain di Cina, Juventus juga menggerogoti penggemar dan bisnis Real Madrid di Amerika Serikat (AS) yang selama ini juga menjadi target pasar terbesar kedua klub-klub Eropa setelah Cina.

Kepala bagian yang mengurusi urusan pendapatan Juventus Giorgio Ricci mengatakan, faktor yang menyebakan besarnya magnet Ronaldo tidak semata penampilannya yang langsung cemerlang bersama Juventus. Penggemar CR7 di Cina, AS, dan negara-negara lain merupakan penggemar yang sudah lama mengikuti jejak Ronaldo sejak dari Manchester United, Real Madrid, dan sekarang di Juventus.

Ricci merasa Juve beruntung memiliki Ronaldo karena kehadiran peraih Ballon d'Or (pemain terbaik dunia) lima kali itu telah menguntungkan keuangan klub. Juventus berinvestasi di awal musim lalu dengan membeli Ronaldo seharga 100 juta euro dari Real Madrid. Juventus pun membayar gaji senilai 30 juta euro per tahun untuk CR7.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement