Selasa 05 Feb 2019 17:41 WIB

Striker Baru Persebaya Senang dengan Animo Para Suporter

Balde menggantikan peran David da Silva yang memilih hengkang di akhir musim.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih kepala Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman (kanan) mengamati anak asuhnya yang sedang menjalani latihan.
Foto: Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pelatih kepala Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman (kanan) mengamati anak asuhnya yang sedang menjalani latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Striker anyar Persebaya Surabaya, Amido Balde, merasa senang dengan antusiasme para pendukung loyal klub barunya. Saat sesi latihan perdana di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (5/2), pemain asal Afrika Timur tersebut menjadi pusat perhatian baru bagi para pendukung skuat Bajul Ijo.

Balde mengaku tak menduga antusiasme para suporter Persebaya yang ikut memberikan motivasi dalam sesi latihan bersama. Termasuk motivasi dari para pemain.

“Saya sangat senang dengan animo para fan di sini. Ini membuat saya semakin punya motivasi untuk memberikan yang terbaik demi Persebaya,” kata Balde seperti mengutip laman resmi Persebaya, Selasa (5/2).

Balde mengakui, Liga Indonesia akan menjadi kultur baru yang akan dia hadapi saat ini. Pun Persebaya, akan menjadi lingkungan baru yang akan dia jalani dalam tahun ini. “Saya tahu, Persebaya adalah tim yang sangat bagus di Liga Indonesia. Dan saya tidak sulit untuk beradaptasi di sini,” sambung dia.

Balde merupakan striker asing baru yang didaratkan Persebaya untuk musim Liga 1 2019. Ia menggantikan peran David da Silva yang memilih hengkang di akhir musim kemarin. Balde mengisi satu dari tiga slot pemain asing non-Asia. Persebaya resmi memperkenalkannya, pada Senin (4/2), dengan rincian jam bermain selama semusim.

Selintas soal Balde, pemain dengan paspor Guinei Bissau ini, tampak punya reputasi individu yang meyakinkan. Ia pernah memperkuat Sporting CP di Liga Portugal dan Celtic FC di Skotlandia. Ia juga pernah memperkuat dan membawa timnas Portugal U-20 menjadi runner-up Piala Dunia U-20 pada 2011 sebelum pindah negara ke Afrika Timur pada 2015.

Sebelum mengiyakan proposal bermain dari Persebaya, Balde musim lalu bermain di liga minor Libya, bersama al-Nasr Sports. Pelatih Persebaya Djajang Nurdjaman mengatakan, Balde salah satu pemain incaran klub yang ideal untuk kebutuhan timnya musim ini. “Dari jejak kariernya, saya melihat dia sangat meyakinkan,” ujar Djajang.

Sebagai pemain di lini depan, dengan tinggi mencapai 193 senti meter, Djajang percaya Balde akan menjadi mesin gol yang meyakinkan di Liga 1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement