Rabu 06 Feb 2019 18:59 WIB

Ini Lima Klub Terboros di Bursa Transfer Januari 2019

AC Milan dan Chelsea termasuk dua tim yang belanja besar-besaaran untuk pemain baru.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Krzysztof Piatek
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Krzysztof Piatek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa transfer musim dingin 2019 telah resmi berakhir. Beberapa klub top di kompetisi elite Eropa sudah mendapatkan amunisi yang dibutuhkan.

Meski tak ada rekor fantastis seperti yang kerap terjadi pada aktivitas pertengahan tahun, namun ada beberapa hal yang menarik. Salah satunya adalah keputusan Gonzalo Higuain untuk bergabung dengan pelatih Maurizio Sarri di kesebelasan asal London, Chelsea. Tetapi, sang penyerang datang dengan status pemain pinjaman dari Juventus.

Tercatat, beberapa aktivitas transfer klub yang sampai menggelontorkan dana besar, salah satunya tim asal Prancis Paris Saint-Germain (PSG). Sejatinya, geliat transfer PSG dalam beberapa musim terakhir memang bukanlah hal yang patut dikagetkan. Sebab, tim asal ibu kota Prancis itu memang cukup boros dalam urusan belanja pemain.

Setelah melakukan megatransfer Neymar Jr dengan biaya fantastis 222 juta euro pada 2017 lalu, kali ini, tim besutan Thomas Tuchel membutuhkan seorang pemain tengah dengan mendatangkan Leandro Paredes dari Zenit Saint Petersburg.

Biaya yang dikeluarkan PSG untuk mengikat pesepak bola asal Argentina mencapai 40 juta euro. Paredes pun diikat kontrak selama empat setengah tahun atau hingga 30 Juni 2023 mendatang.

Rencana PSG untuk mendatangkan pemain sebenarnya tak hanya berhenti di Paredes. Pihak klub juga tertarik mengikat pemain Everton Idrissa Gueye. Sayang, the Toffees menolak tawaran dari juara bertahan Ligue 1 Prancis itu.

Bertolak ke daratan Liga Primer Inggris, klub kaya raya Manchester City yang terkenal tidak segan untuk mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan pemain yang diinginkan justru memilih tak berfoya-foya. Bahkan the Citizens melepas pemain muda Brahim Diaz ke Real Madrid dengan biaya 15 juta poundsterling.

Predikat sebagai tim terboros di Negeri Ratu Elizabeth jatuh kepada klub London Barat, Chelsea dan AFC Bournemouth. The Blues telah menghabiskan 73 euro dengan hanya mendatangkan dua pemain anyar Gonzalo Higuain serta Christian Pulisic.

photo
Gonzalo Higuain (kanan) merayakan golnya bersama Chelsea.

Dilansir Marca, Rabu (6/2). harga Pulisic yakni 64 juta euro dan 9 juta euro milik Higuain dengan kesepakatan awal pinjaman. The Blues belum dapat menggunakan Pulisic karena pemain ini langsung dipinjamkan ke Borussia Dortmund hingga musim panas mendatang.

Sementara itu, AC Milan berada jauh di depan barisan klub-klub elite Eropa yang belanja besar pada Januari 2019 kemarin. Meskipun sedang berjuang dengan masalah Financial Fair Play (FFP) i Rossoneri sangat aktif di pasar dan mendatangkan dua pemain top, Krzysztof Piatek serta gelandang asal Brasil Lucas Paqueta.

Total Milan menggelontorkan dana sebesar 70 juta euro (Rp 1,1 triliun) dengan masing-masing pemain berharga 35 juta euro plus bonus. Namun, kedua pemain membayar banderol mahal tersebut dengan tampil impresif di atas lapangan hijau.

Meski demikian, Direktur Olahraga Leonardo Araujo sempat mengatakan bila kehadiran dua pemain pada mercato kali ini bukanlah bentuk investasi berisiko. "Ini justru merupakan anggaran penting, ya kami tahu tentang modal yang kami miliki, tetap investasi tersebut penting. Karena dia adalah pemain muda yang sudah membuktikan kualitasnya," kata Leonardo dikutip Football Italia beberapa waktu lalu.

Piatek terbukti dengan tiga golnya dalam tiga laga terakhir bersama Milan di semua kompetisi. Sementara, Paqueta sukses menyumbang dua assist ketika Milan menang atas Napoli di Coppa Italia dan imbang lawan AS Roma.

Berikut lima klub yang mengeluarkan dana banyak pada bursa transfer musim dingin 2019 dikutip Marca, Rabu (6/2):

- AC Milan: 70 juta euro

Lucas Paqueta 35 juta euro (Flamengo)

Krzszytof Piatek 35 juta euro (Genoa)

- Chelsea: 73 juta euro

Gonzalo Higuain 9 juta euro (Juventus)*

Christian Pulisic 64 juta euro (Dortmund)

-Paris Saint-Germain: 40 juta euro

Leandro Paredes : 40 juta euro (Zenit St Petersburg)

- AFC Bournemouth: 33 juta pound

Dominic Solanke: 19 juta pound (Liverpool)

Chris Mempham: 12 juta pound (Brentford)

Nathaniel Clyne: (Liverpool)*

- Newcastle United: 24 juta euro

Miguel Almiron: 24 juta euro (Atlanta United)

Antonio Barreca: (AS Monaco)*

*) pinjaman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement