Kamis 07 Feb 2019 03:38 WIB

Babak Pertama, City Ungguli Everton

The Citizens memimpin di Goodison Park berkat gol tandukan Aymeric Laporte

Gelandang Manchester City Ilkay Guendogan (kanan) dijaga dua pemain Everton.
Foto: Peter Byrne/PA via AP
Gelandang Manchester City Ilkay Guendogan (kanan) dijaga dua pemain Everton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City untuk sementara unggul 1-0 atas Everton dalam laga pekan ke-26 Liga Primer Inggris, Kamis (7/2) dini hari WIB. The Citizens memimpin di Goodison Park berkat gol tandukan Aymeric Laporte pada injury time babak pertama.

Jalannya laga

Tuan rumah menggebrak lewat pergerakan Dominic Calvert-Lewis di sisi kanan. Ia kemudian melepaskan umpan silang kepada Andre Gomes, tapi kemudian terjadi pelanggaran di tengah. 

Gebrakan tuan rumah ini dibalas aksi Bernardo Silva yang berujung tendangan sudut di sisi kanan. Bola sepak pojok mengarah ke Leroy Sane di tepi kotak penalti. Ia menahan dengan dada dan melepas tendangan yang melebar. 

Sejak awal sempurna bagi fan kedua tim, pertandingan berjalan menarik. Kedua tim sama-sama bermain ofensif dan berusaha menciptakan meskipun City lebih banyak menguasai bola mulai menit ke-10.

Menit ke-16, Laporte nyaris membuka keunggulan tim tamu. Tandukannya menyambut tendangan sudut hanya meleset beberapa sentimeter saja di sebelah kanan gawang.

Tiga menit berselang, Everton terbantu mistar. Operan David Silva disambut tendangan Guendogan dari jarak dekat yang masih mengenai mistar.

Dua sengatan City membuat Everton makin bersemangat meladeni. Teriakan pendukung membuat Gomes dkk berusaha sekuat tenaga meladeni permainan cantik City. Serangan the Citizens dari kedua sayap yang diakhiri dengan operan ke muka gawang berhasil diredam oleh Everton.

Menit ke-39, Gomes mencuri bola dari Sergio Aguero dan melancarkan serangan balik. Sayangnya, bola ke arah Lucas Digne di sisi kiri gagal dijangkau, padahal ada ruang terbuka lebar bagi Everton untuk memaksimalkan peluang.

Menit ke-43, Guendogan terjatuh di kotak penalti saat mencoba berakselerasi. Tapi wasit Craig Pawson mengabaikannya walaupun terlihat satu kaki Guendogan dilanggar.

Kedua tim tampaknya akan menuju ruang ganti dengan skor 0-0. Tapi satu momen tak membahayakan justru menjadi awal petaka bagi tuan rumah. Idrissa Gueye melanggar Fernandinho yang tidak dalam posisi membahayakan di sisi kiri.

Tendangan bebas untuk City kemudian diambil Silva. Playmaker Spanyol ini melepaskan umpan lambung ke kotak penalti. Kali ini, Laporte tak menyiakan peluang seperti sebelumnya. Tandukannya membuat bola bergerak melengkung menuju gawang Everton tak bisa dijangkau kiper Jordan Pickford. Gol menit kedua injury time ini menutup babak pertama untuk keunggulan City. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement