Jumat 08 Feb 2019 19:20 WIB

Barca Beli Frenkie de Jong untuk Antisipasi Messi Pensiun

Bartomeu tak mau meninggalkan Barcelona dalam keadaan tak siap songsong masa depan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Frenkie De Jong
Foto: EPA-EFE/NIELS BOERSEMA
Frenkie De Jong

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengatakan, alasan timnya membeli pemain muda dari Ajax Amsterdam Frenkie de Jong. Semua tak lain demi mempersiapkan masa depan klub.

Sejak klub itu ditinggal oleh Ronaldinho pada 2008 silam, Los Azulgrana menjadikan Lionel Messi sebagai ikon klub.  La Pulga telah memberikan puluhan gelar bergengsi buat lemari trofi Barca.

Sekarang, Messi sudah berusia 31 tahun. Dalam beberapa tahun ke depan, Messi akan termakan usia sampai akhirnya pensiun. Barcelona berharap De Jong dapat menjadi pengganti sepadan buat Messi.

"Messi akan pensiun suatu saat. Kami tentu harus mempersiapkan masa depan untuk jangka waktu yang lebih panjang," kata Bartomeu dikutip dari BBC, Jumat (8/2).

Investasi La Blaugrana untuk mendapatkan De Jong tidak sedikit. Barcelona harus merogoh kocek sekitar 70 juta euro lebih. Pemain asal Belanda itu diikat dengan kontrak berdurasi tiga tahun sampai Juni 2022.

Bartomeu menjadi presiden Barcelona sampai 2021 mendatang. Ia tidak mau meninggalkan Barcelona dalam keadaan tidak siap menyongsong masa depan.

photo
Lionel Messi

Barca paham tidak mudah menemukan sosok ikon sehebat Lionel Messi. Pemain asal Argentina itu sudah menyumbangkan 581 gol buat Barcelona dari 664 pertandingan. Messi telah memecahkan berbagai rekor klub.

Bartomeu mengatakan, perburuan pemain muda Barca tidak akan berhenti sampai pada De Jong. Ia dan jajarannya akan terus memanfatkan potensi keuangan Barca untuk mencari bakat-bakat baru supaya masa depan Los Azulgrana lebih terjamin. "Saya hanya akan meninggalkan Barcelona dalam kondisi terbaik,'' ujar dia menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement