Sabtu 09 Feb 2019 10:06 WIB

Solskjaer Minta MU tak Boros untuk Datangkan Pemain Bintang

Sejak Sir Alex pergi pada 2013, MU menghabiskan banyak uang untuk pemain papan atas.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Ole Gunnar Solskjaer
Foto: EPA-EFE/Svein Ove Ekornesvaag
Ole Gunnar Solskjaer

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih interim Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer meminta kepada manajemen klub untuk membatasi pengeluaran dana besar demi mendatangkan pemain bintang. Ia justru berharap timnya melakukan pembelian pemain yang cocok dengan karakteristik bermain the Red Devils.

MU telah banyak berinvestasi sejak kepergian Sir Alex Ferguson dari Old Trafford pada 2013 silam. Iblis Merah menghabiskan banyak uang untuk pemain papan atas, seperti Angel di Maria, Radamel Falcao, dan Alexis Sanchez. Namun, performa para bintang tak sebanding dengan dana yang telah dikeluarkan.

Baca Juga

"Ini bukan tentang jumlah pemain 'X'. Itu harus menjadi orang yang tepat dan yang cocok. Kepribadian harus sesuai dengan tim bukan hanya membeli superstar tiba-tiba kami beralih menjadi tim empat besar dan menjadi juara," kata Solskjaer dikutip Four Four Two, Sabtu (9/2).

Meski demikian, pelatih berdarah Norwegia tidak menapik timnya membutuhkan sosok pemain veteran yang memiliki segudang pengalaman untuk mengemban tanggung jawab besar di atas klub. Hal yang juga dilakukan Fergie semasa berada di MU.

"Paul Pogba dan Jesse Lingard, mereka berada pada usia di mana kami mengharapkan mereka untuk mengambil tanggung jawab itu dan bukan hanya menjadi anak laki-laki yang melayang-layang. Tetapi, mereka masih muda dan kami harus lebih bersabar untuk melihatnya berkembang," sambung Ole.

Sejak lengsernya dinasti Jose Mourinho pada Desember tahun lalu, MU menjelma menjadi tim yang menakutkan. Skuat asal kota pelabuhan tersebut seakan kembali menemukan irama permainannya di bawah arahan Solskjaer. Bahkan Solskjaer mampu membawa MUh tak terkalahkan dalam 10 partai terakhir.

Hasilnya, MU kini bercokol di urutan kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan perolehan 48 poin tertinggal dua poin dari Chelsea di posisi empat. Merujuk pada serangkaian hasil positif tersebut, bukan tak mungkin MU bakal jadi penantang gelar Liga Primer Inggris musim depan.

"Ketika saya datang ke Molde, saat itu mereka berada di peringkat ke-11 pada musim 2010. Pada musim berikutnya kami memenangkan liga, jadi Anda tidak boleh mengatakan ini tidak bisa," tegas Solskjaer.

Saat ini, Ashley Young dan kolega tengah bersiap melakoni lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-26 menghadapi Fulham di Stadion Craven Cottage, Sabtu (9/2) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement