Sabtu 16 Feb 2019 05:06 WIB

Cile Juga Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Sebelumnya, Uruguay, Paraguay, dan Argentina telah mengirimkan proposal kepada FIFA.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Trofi Piala Dunia
Foto: EPA
Trofi Piala Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Cile, Paraguay, Uruguay, dan Argentina akan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah bersama gelaran Piala Dunia 2030. Cile menjadi negara terakhir dari empat negara di Amerika Selatan itu yang akhirnya bergabung dalam upaya menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030.

Sebelumnya, Uruguay, Paraguay, dan Argentina telah mengirimkan proposal kepada FIFA terkait kemungkinan menjadi tuan rumah gelaran sepak bola paling bergengsi sejagat tersebut. Namun, setelah Presiden Cile Sebastian Pinera melakukan komunikasi dengan presiden dari tiga negara tersebut, Cile akhirnya bakal bergabung dalam pengajuan tuan rumah Piala Dunia 2030 tersebut.

Hal ini diungkapkan Presiden Sebastian Pinera lewat akun media sosialnya, Kamis (14/2) waktu setempat. Komunikasi ini, kata Pinera, telah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir, dan akhirnya permintaan Cile ini diterima oleh Uruguay, Paraguay, dan Argentina.

''Beberapa bulan lalu, saya sempat mengajukan penawaran kepada Presiden Argentina, Uruguay, dan Paraguay, untuk melibatkan Cile dalam proses pengajuan kandidat tuan rumah Piala Dunia 2030. Penawaran ini diterima oleh ketiga negara tersebut. Setelah Piala Dunia 1962, kini Cile memiliki kesempatan lagi (menjadi tuan rumah Piala Dunia),'' tulis Pinera di akun Twitternya, seperti dikutip AFP.

Dari empat negara tersebut, hanya Paraguay yang belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia. Argentina sempat menjadi tuan rumah pada gelaran Piala Dunia 1978, sedangkan Cile terpilih sebagai negara penyelenggara Piala Dunia pada 1962 silam. Sementara Uruguay merupakan tuan rumah penyelenggaraan perdana Piala Dunia, tepatnya pada Piala Dunia 1930.

Keempat negara ini tentu berharap, gelaran Piala Dunia 2030, yang menandai 100 tahun sejak Piala Dunia pertama kali dihelat di Uruguay, dapat kembali digelar di tanah Amerika Latin. Kendati begitu, empat negara tersebut agaknya bakal mendapat persaingan keras dari sejumlah negara-negara yang juga mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Piala Dunia.

Inggris dan Irlandia dikabarkan telah melakukan serangkaian pertemuan untuk membahas kemungkinan pengajuan tuan rumah bersama Piala Dunia 2030. Tidak hanya itu, sejumlah negara di Eropa, seperti Yunani, Serbia, Bulgaria, dan Rumania, juga disebut-sebut berharap bisa menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia edisi ke-24 tersebut.

Tidak hanya itu, Maroko, yang terus berusaha untuk mendapatkan kesempatan menyelenggarakan Piala Dunia juga agaknya bakal kembali mengajukan diri. Sebelumnya, Maroko gagal bersaing dengan Amerika, Kanada, dan Meksiko, dalam pengajuan tuan rumah Piala Dunia 2026.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement