Ahad 17 Feb 2019 05:45 WIB

2 Kali Dapat Penalti, Barca Hanya Menang 1-0 Lawan Valladoid

Tiga angka di kandang sendiri mempertahankan posisi Barca di puncak klasemen.

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita
Penyerang FC Barcelona Leo Messi (2-R) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pada pertandingan LaLiga Spanyol antara FC Barcelona dan Real Valladolid di Camp Nou, 16 Februari 2019.
Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Penyerang FC Barcelona Leo Messi (2-R) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pada pertandingan LaLiga Spanyol antara FC Barcelona dan Real Valladolid di Camp Nou, 16 Februari 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN -- FC Barcelona susah payah untuk meraih kemenangan saat menjamu tim papan bawah Real Valladolid. Laga antara kedua kesebelasan pada pekan ke-24 La Liga Spanyol 2018/2019 di Stadion Camp Nou, Katalan, Ahad (17/2) hanya berakhir dengan skor 1-0.

Gol penentu kemenangan tersebut pun tak dihasilkan dari permainan agresif yang selama ini ditonjolkan para penggawa Barca. Melainkan lantaran hadiah penalti dari wasit akibat pelanggaran keras terhadap Gerarrd Pique yang dilakukan pemain lawan di areal bertahan Valladolid pada menit ke-41. 

Ekskusi 12 pas yang dilakukan Lionel Messi berbuah gol sekaligus membuka keunggulan Barca menjadi 1-0. Skor tersebut pun menjadi satu-satunya gol pada babak pertama.

Pada babak kedua, kehadiran gelandang serang seperti Kevin Prince Boateng, dan Ousmane Dembele ternyata tak ampu membuat barisan pertahanan Valladolid mudah ditembus. Sejumlah peluang dimiliki anak latih Ernesto Velavarde tersebut. Akan tetapi, tak ada yang berbuah hasil.

photo
Pemain depan FC Barcelona Kevin Prince Boateng (kanan) beraksi melawan kiper Valladolid Jordi Masip (kiri) pada pertandingan LaLiga Spanyol antara FC Barcelona dan Real Valladolid di Stadion Camp Nou di Barcelona, Catalonia, Spanyol, 16 Februari 2019. (EPA-EFE/Marta Perez)

Velavarde merombak bertahap lini serangnya pada menit ke-60-an. Luiz Suarez menggantikan Boateng pada menit ke-63, dan disambung penarikan Dembele dengan mamainkan Philippe Countinho pada menit ke-74. Namun, skor 1-0 tetap bertahan.

Velvarde juga menukar lini tengahnya dengan memainkan Ivan Rakitic, pengganti peran Carles Alena di menit ke-76. Namun, tetap saja usaha menggandakan kedudukan nihil.

Penguasaan bola di atas 60 persen dengan tendangan ancaman yang tercatat sebanyak 20 kali dari para penggawa-penggawa the Blaugrana tak mempan di pertahanan Valladolid. Sementara peluang-peluang skuat pelatih Sergio Gonzales memang cuma mengandalkan serangan-serangan balasan yang tak terukur.

Tampak dari 10 kali melepaskan peluang, tak ada satu pun yang akurat ke arah gawang. Skor 1-0 tetap sampai menit ke-80-an. Wasit kembali memberikan hukuman penalti kepada Valladolid, pada menit ke-85 setelah Suarez dipaksa jatuh di kotak 12. 

photo
Para pemain Valladolid berdebat dengan wasit Spanyol Martinez Munuera (C) setelah memberikan hadian penalti untuk FC Barcelona pada laga kedua kesebelasan di Stadion Camp Nou, Katalunya, Sabtu (16/2). (EPA-EFE)

Messi kembali menjadi algojo. Namun, kiper Jordi Masip tak mau dipermalukan kedua kalinya. Sepakan Messiah ia tepis. Meski tepisannya tak sempurna dan membuat bola membentur mistar gawang, penjaga gawang 30 tahun itu, tetap mampu mengamankan si kulit bundar. Papan skor pun masih tetap 1-0 sampai menit ke-90.

Tambahan waktu dari wasit tak membuat papan skor berubah. Barca tetap menang. Akan tetapi, kemenangan 1-0 di kandang sendiri bukan menjadi tradisi hasil laga Barca di laga-laga sebelumnya. 

Kendati demikian, tiga angka di kandang sendiri masih menempatkan Barcelona sebagai pemimpin klasemen sementara. Barca kini mengemas 54 angka, tampak renggang dari tim rival, Atletico Madrid, dan Real Madrid, yang berada di tangga kedua dan ketiga dengan nilai 47 dan 45 angka. Sementara Valladolid masih di papan bawah di tangga ke-15 dengan nilai 26 angka.

Pada pertandingan lainnya, Real Sociedad berhasil menang telak 3-0 atas Leganes saat jumpa di Stadion Anoeta, Sabtu (16/2). Kemenangan tersebut membuat Sociedad naik sementara ke tangga ketujuh klasemen La Liga dengan nila i 34. Sedangkan Leganes, stagnan berada di peringkat ke-12 dengan nilai 29. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement