Ahad 17 Feb 2019 19:00 WIB

Timnas U-22 Targetkan Poin Penuh di Laga Perdana

Ini kesempatan bagus bagi timnas untuk mengarungi agenda-agenda penting.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memberikan keterangan pada konferensi pers persiapan Timnas U-22 jelang Piala AFF U-22 di Jakarta, Jum'at (4/1/2019).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memberikan keterangan pada konferensi pers persiapan Timnas U-22 jelang Piala AFF U-22 di Jakarta, Jum'at (4/1/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Indonesia U-22 melakukan persiapan terakhir sebelum melakoni laga perdana Piala AFF U-22 2019 di Stadion AUPP, Ahad (17/2) pagi. Skuat asuhan Indra Sjafri fokus mematangkan pola permainan untuk laga melawan Myanmar, Senin (18/2) di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja.

Menurut Indra, timnas U-22 sudah mempersiapkan pola permainan melawan Myanmar yang kerap menggunakan long-ball. Ia menyatakan, yang pasti anak asuhnya tidak akan membiarkan tim lawan memainkan bola terlalu lama dan siap menekan dari awal dengan gaya khas timnya.

Baca Juga

Indra juga menegaskan, target Indonesia adalah mendapatkan poin penuh. ''Kami jauh-jauh ke sini (Kamboja) tentu targetnya menang. Mudah-mudahan pertandingan bisa berjalan lancar dan kami meraih hasil positif besok,'' ujar Indra dikutip dari situs resmi PSSI, Ahad (17/2).

Menurut pelatih asal Sumatra Barat tersebut, meskipun peta persaingan sangat ketat, ia optimistis timnya akan menyuguhkan sesuatu yang terbaik bagi rakyat Indonesia. Ia melihat kualitas sepak bola Asia Tenggara semakin meningkat. Persaingan dalam beberapa tahun terakhir kompetisi usia muda pun juga makin kompetitif. ''Tapi kani siap dan harus terus meningkatkan level,'' kata dia menegaskan.

Indra juga mengakui ajang Piala AFF U-22 sebagai kesempatan yang bagus dalam mempersiapkan tim untuk mengarungi agenda-agenda penting di tahun 2019. Seperti kualifikasi AFC U23 dan SEA Games di akhir tahun.

Oleh karena itu, Indra akan terus mematangkan komposisi tim, sambil terus mengevaluasi tim lewat kompetisi ini. Kala ditanya apakah Indonesia membawa tim terbaiknya, Indra dengan tegas mengatakan, skuatnya saat ini merupakan kumpulan pemain terbaik yang telah melalui proses seleksi. ''Mereka adalah pemain-pemain muda terbaik buah dari kompetisi Indonesia,'' kata dia.

Sementara itu, gelandang timnas U-22, Gian Zola, mengatakan, fokus akan jadi kunci penting bagi skuat Garuda Muda untuk berjuang mendapatkan poin penuh kontra Myanmar. Ia mengungkapkan, semua orang di tim nasional sepakat, pertandingan pertama besok harus fokus karena itu akan menentukan langkah Indonesia selanjutnya. ''Kami harus mendapatkan hasil positif agar ke depannya bisa lebih mudah,'' kata Zola.

Kapten timnas U-22, Andy Setyo, berharap dukungan masyarakat Indonesia agar timnya meraih hasil terbaik di ajang ini. Ia pun mengaku persiapan selama 1,5 bulan di Indonesia dengan diselingi tiga kali uji coba, sudah cukup bagi dirinya dan rekan-rekan untuk modal menghadapi even ini. ''Tim pelatih sudah memberikan semua materi latihan selama TC. Kami ingin berprestasi di ajang ini, meskipun ini tak mudah tapi kami akan berjuang maksimal demi Indonesia," kata pemain asal PS Tira Persikabo ini.

Piala AFF U-22 2019 akan berlangsung 17-26 Februari di Kamboja. Indonesia tergabung dalam grup B bersama tuan rumah Kamboja, Malaysia, dan Myanmar. Sedangkan di Grup A bercokol Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Laos. Dua tim teratas masing-masing grup akan memastikan lolos ke babak semifinal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement