Rabu 20 Feb 2019 16:54 WIB

Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032, Jokowi: Surat Sudah Dikirim

IOC menyampaikan respons yang positif terhadap aplikasi dari Indonesia.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Endro Yuwanto
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dalam acara Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa 2019 di Jakarta, Rabu (20/2/2019).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dalam acara Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa 2019 di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membenarkan kabar bahwa Indonesia secara resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Pencalonan ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden Jokowi kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.

Surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2032 itu disampaikan oleh Dubes RI di Bern, Muliaman D Hadad, pada 11 Februari 2019.

"Dulu waktu bertemu Ketua Olimpiade disampaikan bahwa kami memiliki keinginan untuk ikut, suratnya sudah dikirim," ujar Jokowi usai menghadiri Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Rabu (20/2).

Sebelumnya, Presiden RI secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade kepada Thomas Bach saat berkunjung ke Indonesia pada 2018. Presiden juga mengungkapkan, salinan surat telah diterima oleh Thomas dan direspons dengan positif, terlebih setelah kesuksesan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Dalam siaran pers oleh KBRI di Bern, disebutkan bahwa Christophe Dubi selaku Executive Director IOC menyampaikan respons yang positif terhadap aplikasi Indonesia untuk terlibat pemilihan tuan rumah olimpiade. "IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi pondasi yang cukup kuat," kata Dubi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement