Rabu 06 Mar 2019 16:30 WIB

Pochettino: Spurs Layak ke Perempat Final Liga Champions

Faktor jadwal padat Liga Primer Inggris sempat mengganggu kondisi fisik pemain Spurs.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Mauricio Pochettino
Foto: EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga
Mauricio Pochettino

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Tottenham Hotspur memastikan langkah ke babak perempat final Liga Champions seusai mengalahkan Borussia Dortmund dengan agregat telak 4-0. Pelatih Mauricio Pochettino tak bisa menutup rasa senang melihat kinerja anak asuhnya

Pochettino juga memberikan apresiasi atas penampilan luar biasa kiper Hugo Lloris. Kepastian didapatkan the Lillywhites setelah mampu menggasak tuan rumah Dortmund dengan skor 1-0 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (6/3) dini hari WIB. Gol semata wayang Spurs dicetak Harry Kane pada menit ke-49.

Baca Juga

"Kami berada di perempat final. Saya sangat senang untuk para pemain dan para penggemar. Ini adalah kemenangan yang penting," kata Pochettino sebagaimana dikutip BBC, Rabu (6/3).

Adapun langkah Tottenham lolos ke perempat final Liga Champions menambah catatan sejarah untuk kesebelasan asal London Utara. Secara matematis, Spurs telah tiga kali sukses menembus babak perempat final kompetisi elite Benua Biru, yakni pada 1962, 2011, dan 2018/2019.

Pelatih asal Argentina ini mengakui, timnya layak untuk melangkah ke partai selanjutnya jika merujuk dari dua pertemuan versus Dortmund. Terlebih, faktor jadwal padat Liga Primer Inggris cukup mengganggu kondisi fisik Erik Lamela dkk. "Tentu saja kami sedikit menderita, tetapi tidak apa-apa dan kami sepenuhnya layak berada di perempat final," sambung Pochettino.

Tottenham bukan tanpa tekanan, mengingat Die Borussien banyak menciptakan peluang selama babak pertama berlangsung. Namun, kiper sekaligus kapten tim Hugo Lloris tampil impresif menjaga gawangnya tanpa kebobolan.

Menyaksikan aksi oke Lloris, Pochettino langsung memberikan pujian kepada portiere asal Prancis itu. Ia menyebut berkat aksi sang kiper, Spurs mampu melangkah ke babak selanjutnya. "Hugo Lloris luar biasa. Mereka mulai merepotkan sejak menit awal dan kemudian dalam aksi pertama ketika kami bisa terhubung, kami berhasil mencetak gol. Sekarang tentang menikmati kebaradaan kami di perempat final. Kami perlu merasa bangga."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement