Jumat 08 Mar 2019 17:30 WIB

Mampukah LeBron Pecahkan Rekor Kareem Abdul Jabbar?

LeBron memiliki peluang yang cukup masuk akal untuk melewati Abdul-Jabbar.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Rekor poin LeBron James
Foto: Republika
Rekor poin LeBron James

REPUBLIKA.CO.ID, Megabintang kompetisi bola basket Amerika Serikat (NBA) saat ini LeBron James, baru saja melewati rekor legenda NBA Michael Jordan. Meski mengalami musim pertama yang sulit di Los Angeles (LA) Lakers, LeBron kini menempati peringkat empat pencetak skor terbanyak di NBA dengan catatan 32.311, menggeser Jordan yang mencatat 32.292.

Mampukah LeBron memecahkan sang pemegang rekor angka di NBA Kareem Abdul Jabbar yang memiliki koleksi 38.387 poin? Keberhasilan LeBron melewati rekor Jordan dilalui saat timnya LA Lakers mengalami kekalahan dari Denver Nuggets, Kamis (7/3).

Hal ini sedikit merusak malam bersejarah untuk MVP empat kali itu. Di paruh pertama pertandingan, dengan Lakers tertinggal dua digit, LeBron mengungguli Michael Jordan dalam daftar pencetak skor sepanjang masa NBA.

Legenda Lakers Kobe Bryant adalah target LeBron berikutnya. Tetapi pertanyaan besarnya adalah apakah LeBron dapat menyelesaikan kariernya sebagai raja pencetak angka NBA?

LeBron kini memiliki 32.311 poin dan diperkirakan akan melewati Bryant (33.643) untuk tempat ketiga pada musim depan. Usatoday.com menghitung peluang LeBron untuk menyelesaikan kariernya sebagai pencetak gol terbanyak NBA sepanjang waktu ketika ia mencapai angka 30.000. Tampaknya ia memiliki peluang yang cukup masuk akal untuk melewati Abdul-Jabbar, tetapi masalah cederanya baru-baru ini membuat semua jadi rumit.

LeBron kini berusia 34 tahun, dan sementara banyak yang berharap ia bertahan di liga cukup lama untuk berpotensi bermain bersama putranya. Jadi apa yang harus dilakukan LeBron untuk melewati Abdul-Jabbar? Ia tentu perlu mencetak 6.077 angka demi mencetak rekor baru yang kemungkinan akan memakan waktu setidaknya empat musim.

Namun jika produktivitas LeBron turun, kemungkinan seiring bertambahnya usia, atau jika ia melewatkan waktu yang lama karena cedera, melewati rekor Abdul-Jabbar menjadi jauh lebih sulit. Jika ia mencetak rata-rata 20 angka per laga di 68 pertandingan per musim, ia harus bermain hingga 2023/202324 untuk menjadi pencetak poin nomor satu yang baru.

Lima Pencetak Angka Tertinggi di NBA

- Kareem Abdul Jabbar: 38.387

- Karl Malone: 36.928

- Kobe Bryant: 33.643

- LeBron James: 32.311

- Michael Jordan: 32.292

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement