Rabu 13 Mar 2019 17:49 WIB

PSM Berpesta Gol ke Gawang Lao Toyota

Hasil ini menempatkan PSM di posisi kedua klasemen Grup H Piala AFC 2019.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kanan) berebut bola dengan dua pesepak bola Lao Toyota FC dalam laga Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/3/2019).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kanan) berebut bola dengan dua pesepak bola Lao Toyota FC dalam laga Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/3/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSM Makassar memetik kemenangan perdana di Grup H Piala AFC 2019. Tim Juku Eja berpesta gol dengan menaklukkan Lao Toyota 7-3 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3).

Hasil ini menempatkan PSM di posisi kedua klasemen Grup H Piala AFC 2019. PSM mengumpulkan nilai empat, sama dengan pemuncak klasemen Kaya FC, tetapi kalah selisih gol.

Jalannya laga

PSM sudah membuka skor pada menit ke-12 melalui Wiljam Pluim. Berawal dari kesalahan dua pemain Lao membuang bola, Bayu Gatra merebutnya dan mengoperkan ke Pluim. Pemain asing asal Belanda ini kemudian melepaskan tendangan diagonal keras untuk menaklukkan kiper 1-0 untuk PSM.

Tapi keunggulan ini hanya bertahan dua menit. Kazuo Homma menyamakan kedudukan memanfaatkan kesalahan antisipasi lini belakang PSM. Ia menerima bola di kotak penalti dan mengecoh satu pemain PSM sebelum melepaskan tendangan yang menaklukkan penjaga gawang PSM Rivky Mokodompit.

PSM berhasil kembali memimpin pada menit ke-21. Kali ini, Zulham Zamrun yang mencatatkan namanya di kertas skor. Kerja sama satu dua dengan Eero Markkanen diakhiri sepakan keras kaki kiri Zulham yang ke sisi atas gawang.

PSM terus menekan untuk memperbesar skor. Menit ke-31, upaya Zulham gagal karena terperangkap offside. Enam menit berselang, tandukan Markkanen memaksimalkan umpan silang Zulham hanya menerpa mistar Lao.

Menit ke-42, Markkanen kembali belum beruntung. Kali ini, tendangan diagonalnya mengenai tiang gawang. Saat hendak menyambut bola pantul, ia menendang dengan lemah.

Jelang turun minum, PSM mendapatkan penalti saat akselerasi Bayu Gatra di kotak penalti dijatuhkan secara ilegal. Marc Klok maju sebagai eksekutor namun gagal menunaikan tugasnya. Aaron Evans yang menyambut bola rebound juga gagal mengarahkan si kulit bundar ke gawang. Alhasil, babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan PSM.

Awal babak kedua, PSM langsung mendapatkan peluang memanfaatkab buruknya koordinasi lini belakang tim tamu. Umpan lambung dari tengah ke kotak penalti diterima Zulham tanpa kawalan. Tapi tendangan kaki kirinya melenceng jauh dari gawang Lao.

Menit ke-59, Pluim memperbesar keunggulan Juku Eja. Menerima operan silang Zulham, ia menahan dan menggocek sekali sebelum melepas tendangan yang menggetarkan gawang Lao. 

Dua menit berselang Markkanen  memperbesar keunggulan PSM menjadi 4-1 saat tandukannya dari jarak dekat menaklukkan kiper Outthilath Nammakhoth.

Markkanen mencetak gol keduanya pada laga ini dua menit berselang. Ia hanya perlu meneruskan bola umpan Bayu Gatra di depan gawang Lao.

Tim tamu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-5 saat Rafael yang menerima bola liar di kotak penalti melepaskan tendangan melengkung. Bola mengarah ke sisi atas tiang jauh yang tak bisa dijangkau Rivky Mokodompit.

Gol belum berhenti. Penyerang PSM yang baru masuk pada babak kedua, Ferdinand Sinaga ikut mencatatkan namanya di kertas skor. Memanfaatkan kesalahan bek Lao, ia menggiring bola sebelum melepas tendangan pelan untuk membuat skor 6-2 pada menit ke-80.

Klok akhirnya ikut mencetak gol. Ia melepas tendangan voli kaki kiri dari luar kotak penalti yang tak bisa dihentikan Nammakhoth. Lao akhirnya mendapatkan gol tambahan kembali melalui Kazuo Homma pada menit ke-90 lewat serangan balik.

PSM tercatat melepas 32 tendangan pada laga ini, sementara Lao hanya 14 kali. Juku Eja juga unggul dalam penguasaan bola, yakni 60 persen.

Berikut daftar pemain kedua tim:

PSM Makassar: R. Mokodompit (kiper), Beni Wahyudi, A. Evans, Abdul Rahman, M. T. Hidayat, Marc Klok, M. Arfan, Bayu Gatra, Wiljam Pluim, Zulham Zamrun dan E. Markkaen pada line up. Sementara  Ferdinan Sinaga, Munhar, R. Bakri, H. Wijaya, Guy Junior, M. Reza Arya Pratama, dan Saldi menunggu di bangku cadangan.

Lao Toyota FC: O. Nammakhoth (kiper), Saison Khounsamnan, Thipphachanh Inthavong, Ketsada Souksavanh, Sayfa Aphideth, Victor Amaro, Somsavath Sophabmixay, Manolom Phetphakdy, Soma Otani, Rafael de Sa Rodrigues, dan Kazuo Honma pada line up. Sementara Bounphithak Chanthalangsy, Saya Monlangsy, A. Philady, S. Soundala, Inthammavong, dan Lisayalath menunggu dia bangku cadangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement