Kamis 14 Mar 2019 04:56 WIB

Liverpool Singkirkan Muenchen dari Liga Champions

Liverpool menang dengan skor 3-1 atas Muenchen di leg kedua babak 16 besar.

Virgil van Dijk
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Virgil van Dijk

REPUBLIKA.CO.ID, Muenchen -- Liverpool melenggang ke babak perempat final Liga Champions setelah mengalahkan Bayern Muenchen dengan skor 3-1 di leg kedua babak 16 besar, di Stadion Allianz Arena, Kamis (14/3) WIB. The Red menjadi tim Inggris keempat yang lolos ke perempat final.

Liverpool unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol yang di cetak Sadio Mane pada menit ke-26. Pemain asal Senegal itu menerima umpan dari Van Dijk, kemudian mengocek kiper Muenchen Neuer, sebelum melepaskan tembakan melengkung dari sisi kiri kotak penalti yang tidak bisa dihalau pemain belakang Muenchen.

Tertinggal dari tim tamu, Muenchen meningkatkan serangan. Harapan Muenchen untuk bisa lolos ke perempat final Liga Champions kembali terbuka setelah pemain belakang Liverpool Joel Matip mencetak gol bunuh diri pada menit ke-39.

Berhasil menyamakan kedudukan, Muenchen semakin gencar melakukan serangan. Namun hingga babak pertama selesai, skor imbang 1-1 tidak berubah. Berdasarkan stastistik, Muenchen lebih mendominasi babak pertama dengan memperoleh 63 persen penguasaan bola, sementara Liverpool tercatat hanya 37 persen menguasai bola.

Di babak kedua, Liverpool terlihat semakin lepas bermain. Pada menit ke-50, Mohamed Salah langsung mengancam gawang Muenchen, namun sayang tendangan keras dari luar kotak pinalti bisa ditepis oleh Nuer. Meningkatkan serangan, pelatih Muenchen menarik Franck Ribery dan memasukan Kingsley Coman ada menit ke-61.

Malapetaka bagi Muenchen hadir pada di pertengahan babak kedua. Pemain bertahan Liverpool Virgil van Dijk berhasil membawa timnya unggul lewat gol yang dicetak pada menit ke-69.

Memanfaatkan tendangan sudut, Van Dijk berhasil keluar dari kawalan pemain belakang Muenchen dan menyudul bola yang tak bisa dihalau oleh Nuer. Liverpool unggul 2-1.

Untuk mengejar ketertinggal, Muenchen menarik James Rodroguez dan memasukan Renato Sanchez pada menit ke-79, serta sebelumnya memasukan Leon Goretzka dengan Javi Martinez.

Muenchen dipastikan tersingkir setelah Liverpool berhasil mencetak gol ketiga. Sadio Mane mencetak gol keduanya dalam pertandingan itu setelah menyundul bola memanfaatkan umpan dari Mohammaed Salah.

Dengan hasil ini, Liverpool menjadi tim Inggris keempat yang berhasil melaju ke perempat final menyusul Manchester United, Manchester City dan Tottenham Hotspur. Sementara kekalahan Bayern Muenchen membuat tidak ada satupun klub Bundesliga Jerman yang bertahan di Liga Champions.

Berdasarkan stastistik babak kedua, Bayern Muenchen mempunyai 58 persen penguasaan bola, sementara Liverpool hanya 42 persen.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3)

Alison (kiper), Virgil van Dijk, Joel Matip, Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold, Fabinho (Henderson), Wijnaldum, Milner (Lallana), Firmino (Origi), Mane, Salah

Muenchen (4-2-3-1)

Nuer (kiper), Hummels, Sule, Alaba, Rafinha, Rodriguez (Sanches), Thiago, Martinez  (Goretzka), Lewandowski, Ribery (Coman), Gnabry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement