Rabu 20 Mar 2019 11:02 WIB

Madrid dan Porto, Hubungan Dua Klub Paling Menguntungkan

Pemain Estadio do Dragao banyak yang pindah ke Estadio Santiago Bernabeu.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Presiden Real Madrid, Florentino Pérez
Foto: Reuters/Sergio Perez
Presiden Real Madrid, Florentino Pérez

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Ada hubungan baik yang cukup lama antara Real Madrid dan FC Porto. Semua itu juga berkat relasi dua presiden klub Florentino Perez dan Pinto da Costa, yang saling menghormati dan memahami dalam konteks saling menguntungkan.

Hubungan dua klub ini terlihat dari banyaknya pemain yang meninggalkan Estadio do Dragao yang tiba di Estadio Santiago Bernabeu.

Transfer yang terjadi antara lain pada 2007 ketika Pepe tiba di Madrid dengan transfer 30 juta euro, saat Madrid masih di bawah Ramon Calderon. Pemain asal Portugal yang pernah menjadi bek terbaik Eropa di Spanyol itu akhirnya meninggalkan Los Blancos pada 2017.

Hubungan tersebut berlanjut saat Casemiro memutuskan pindah pada 2014. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu menandatangani kontrak selama dua tahun bersama Porto dengan status pinjaman dari Madrid. Namun di akhir musim pertamanya, ia memutuskan untuk membuat transfer permanen dengan biaya transfer 7,5 juta euro.

Di musim yang sama saat Casemiro mempermanenkan statusnya sebagai pemain Porto, Madrid juga membawa Danilo ke ibu kota Spanyol dengan transfer 31,5 juta euro. Namun pemain yang berposisi sebagai full-back itu kurang sukses di Santiago Bernabeu dan kemudian direkrut Manchester City pada 2017.

Terbaru, Real Madrid mengumumkan Eder Militao kepada publik Santiago Bernabeu. Bek Porto tersebut direkrut Porto dari Sao Paolo pada musim panas tahun lalu. Ia kemudian menjadi bek termahal dalam sejarah klub Spanyol dengan transfer 50 juta euro.

Jangan lupa juga legenda Real Madrid, Iker Casillas. Saat ini Casillas berseragam Porto sejak 2015 dan berniat pensiun di klub tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement