Jumat 22 Mar 2019 16:12 WIB

Pemain Naturalisasi Thailand Sampaikan Dukungan kepada Ezra

Chappuis mengungkapkan, dia juga pernah mengalami masalah yang sama dengan Ezra.

Penyerang timnas Indonesia U-23 Ezra Walian (kanan).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Penyerang timnas Indonesia U-23 Ezra Walian (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang tim nasional sepak bola Thailand, Charyl Chappuis, memberikan dukungan kepada Ezra Walian yang gagal membela timnas Indonesia U-23 pada ajang kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Vietnam. Chappuis mengungkapkan, dia juga pernah mengalami masalah yang sama dengan Ezra, tapi berhasil melaluinya dengan baik.

AFC tak menerima pendaftaran Ezra yang berstatus pemain naturalisasi menjelang laga melawan Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3). Sebab, FIFA sudah mengirimkan surat bahwa Ezra tidak memenuhi aturan dalam Statuta FIFA yang membahas tentang syarat pemain boleh berpindah membela tim nasional suatu negara. Ezra pernah membela Belanda pada laga kualifikasi Piala Eropa U-17 pada 2013 silam.

Baca Juga

Ezra berayah Indonesia dan ibu Belanda. Sementara Chappuis lahir dari perempuan Thailand dan berayah pria Swiss. Chappuis mengalami masalah serupa pada 2013. Pemain kelahiran Swiss itu tidak bisa memperkuat Thailand pada kualifikasi Piala Asia menghadapi Lebanon karena masalah seperti Ezra.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

@ezrawalian i‘m really sorry for you to hear the news that you will miss this tournament but i’m sure if the federation prepare all the documents right in future you will play for indonesia 🇮🇩 All the best for todays game AFC u23 🇹🇭 vs 🇮🇩 🙏 ⚽️ One more thing It changed my life to play for my mom‘s country 🇹🇭 To see all the happy faces we can bring with playing football is unbelievable and to get all the love is overwhelming ❤️❤️❤️ I hope in future you will bring the same too all 🇮🇩 fans #ilovethisgame #proud

A post shared by Charyl Chappuis (@7charyl) on

Menurut Chappuis, ini disebabkan tidak lengkapnya dokumen dari Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) terkait proses naturalisasi yang dijalaninya. Chappuis mengunggah foto Ezra dengan berita berbahasa Inggris terkait masalah yang dihadapi penyerang timnas U-23 tersebut dalam feed Instagram-nya. 

"Saya menyesal mendengar kabar Anda akan melewatkan turnamen ini. Namun, saya yakin jika federasi mempersiapkan semua dokumen dengan baik, di masa depan Anda akan bermain untuk Indonesia. Semoga yang terbaik bagi pertandingan AFC U-23 hari ini antara Thailand dan Indonesia," tulis Chappuis dalam caption unggahannya tersebut.

Ia menuliskan, hidupnya berubah setelah bermain untuk negara asal ibunya. Ia mengaku bahagia melihat semua wajah gembira yang bisa ia saksikan dari pendukung Thailand. "Rasanya luar biasa dan untuk merasakan semua rasa cinta itu pun luar biasa. Saya berharap di masa depan Anda akan merasakan hal yang sama," kata Chappuis kepada Ezra.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement