Jumat 22 Mar 2019 23:30 WIB

Terbukti Doping, Medali Emas Atlet Jalan Cepat Rusia Dicopot

Atlet jalan cepat Rusia, Aleksandr Ivanov, terbukti menggunakan doping.

ilustrasi doping dalam olahraga.
Foto: EPA/Patrick Seeger
ilustrasi doping dalam olahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet jalan cepat Rusia, Aleksandr Ivanov, dilarang bertanding selama tiga tahun karena terbukti menggunakan doping. Aleksandr juga harus kehilangan medali emas yang pernah diraihnya di kejuaraan duni 2013 di Moskow.

Dikutip dari Reuters, selain itu, Ivanov juga terancam kehilangan seluruh medali yang diraihnya antara Juni 2012 sampai Agustus 2014. Masa larangan bertanding selama tiga tahun tersebut berlaku surut, yaitu terhitung mulai 2 Mai 2017.

Menurut keterangan Federasi Atletik Rusia, Ivanov yang dari hasil pemeriksaan doping memiliki kelainan pada kadar darah, meraih emas jalan cepat 20km di Kejuaraan Dunia IAAF 2013, menaklukkan Ding Cheng asal China dan Miguel Angel Lopez (Spanyol).

Federasi Atletik Rusia juga mendapat sanksi skorsing sejak 2015 setelah Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menemukan bukti bahwa federasi tersebut melakukan praktek doping yang didukung oleh pemerintah Rusia.

Tapi IAAF masih mengizinkan beberapa atlet Rusia, termasuk juara dunia lari gawang 2015 Sergey Shubenko untuk berkompetisi sebagai atlet netral setelah membuktikan bahwa mereka selama ini bebas dari praktek doping.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement