Sabtu 23 Mar 2019 23:20 WIB

Pelatih Spanyol Klaim Penggawanya Punya Kapasitas Juara

Enrique berupaya melepaskan bayang-bayang dominasi timnas Spanyol antara 2008-2012.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Luis Enrique.
Foto: EPA/Mariscal
Luis Enrique.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Timnas Spanyol tergabung ke dalam Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020 bersama Norwegia, Kepulauan Faroe, Malta, Rumania, dan Swedia. Pelatih Spanyol Luis Enrique sudah memanggil 41 pemain sejak mengambil alih timnas pada Juli 2019 lalu dengan menggantikan Julen Lopetegui.

Mantan pelatih Barcelona itu mengatakan, dirinya membutuhkan waktu untuk memoles tim yang dia nahkodai. Enrique tidak menentukan akan seperti apa ke depannya jika belum memiliki waktu cukup untuk melakukannya. Ia pun menilai tak ada gunanya membandingkan dominasi timnas Spanyol antara 2008 hingga 2012.

Baca Juga

"Saya pikir para pemain ini memiliki kapasitas yang besar untuk tumbuh. Saya telah memilih 23 pemain ini karena saya pikir mereka adalah yang terbaik untuk dua pertandingan ini dan saya ingin mereka semua melangkah maju," kata Enrique dilansir Reuters, Sabtu (23/3).

Enrique berpikir, dirinya harus keluar dari bayang-bayang dominasi Spanyol antara 2008-2012 itu. Dirinya harus membuat timnas baru dan itu hanya akan terjadi dengan waktu, permainan, serta hasil yang baik.

Enrique beranggapan, jika terus membandingkan dengan tim yang memenangkan Piala Eropa (2008 dan 2012) dan Piala Dunia (2010), maka skuatnya akan kalah sebelum bertanding. “Banyak dari pemain itu lebih tua atau sudah pensiun. Kami sekarang ingin membangun tim pemenang lain, tetapi memenangkan trofi tidak mudah,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement