Kamis 28 Mar 2019 16:08 WIB

Persija Masuk 20 Besar Dunia Klub Paling Aktif di Medsos

Persija juga mampu mengalahkan klub raksasa Jerman Bayer Muenchen.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pendukung Persija mengikuti pawai Persija Juara di Jalan MH.Thamrin, Jakarta, Sabtu (15/12).
Foto: Republika/Prayogi
Pendukung Persija mengikuti pawai Persija Juara di Jalan MH.Thamrin, Jakarta, Sabtu (15/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta bukan salah satu klub sepak bola paling besar di dunia atau pun Asia. Namun siapa sangka, klub sepak bola yang berbasis di Jakarta ini menjadi salah satu yang paling aktif berinteraksi dengan para fan di media sosial (medsos).

Dikutip dari website asal Spanyol, DeporFinanzas, Kamis (28/3), yang meneliti klub olahraga yang paling aktif berhubungan dengan fan di medsos periode bulan Febuari 2019,  dari 20 klub teratas, Manchester United (MU) menempati peringkat pertama. Diikuti Barcelona, Juventus, dan Liverpool. Mendengar nama-nama klub tersebut, pasti tidak akan kaget.

Baca Juga

Lain halnya jika klub Indonesia yang masuk dalam jajaran klub paling aktif di medsos dalam skala global. Itulah yang didapatkan oleh Persija. Juara Liga 1 musim lalu tersebut berada di peringkat 17.

Tim Macan Kemayoran mampu mengungguli tiga klub besar besar lainnya, seperti klub asal Brasil Flamengo maupun Corinthians. Menariknya, Persija juga mampu mengalahkan klub raksasa Jerman Bayer Muenchen yang berada di peringkat 19.

Persija bukan saja menjadi klub paling aktif di medos. Namun juga menjadi tiga klub paling aktif di medsos dalam skala Asia.

Persija saat ini punya penggemar sebanyak 1,7 juta di Instagram. Persija tidak sendirian menjadi wakil Indonesia sebagai klub paling aktif di medsos. Ada Persib Bandung yang justru punya pengikut jauh lebih besar dari Persija, yaitu 2,8 juta di Instagram. Persija, dalam catatan Deporfinanzas memiliki 15,3 juta interaksi di Instagram, sedangkan Persib 11,9 juta interaksi sepanjang Februari 2019. 

Persija dan Persib kalah dari tim Iran, Persepolis FC. Persepolis FC memiliki 25,6 juta interaksi di Instagram resmi dengan akun Perspolis. Selain Persija ada juga Persib Bandung, Arema FC, Persebaya Surabaya, dan Bali United, yang masuk dalam 10 besar. Arema FC di urutan delapan dan Bali United pada urutan kesembilan.

20 klub olahraga paling aktif berinteraksi di medis sosial

1.  Manchester United

2.  Barcelona

3.  Juventus

4.  Liverpool

5.  Galatasaray

6.  Real Madrid

7.  Fenerbache

8.  Chelsea

9.  Warriors

10. Arsenal

11. Persepolis FC

12. Manchester City

13. Paris Saint-Germain

14. Besiktas

15. LA Lakers

16. Patriots

17. Persija Jakarta

18. Flamengo

19. Bayern Muenchen

20. Corinthians

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement