Senin 01 Apr 2019 16:42 WIB

Vettel Percaya Ferrari Lebih Kuat dari Sebelumnya

Vettel yakin bisa mengakhiri penantian panjang untuk merebut juara dunia F1.

Rep: Fitriyanto/ Red: Bayu Hermawan
Sebastian Vettel dan Charles Leclerc (kanan).
Foto: EPA-EFE
Sebastian Vettel dan Charles Leclerc (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Formula Satu dari tim Ferrari, Sebastian Vettel menegaskan saat ini Ferrari lebih kuat dari musim balap sebelumnya. Vettel pun yakin bisa mengakhiri penantian panjangnya untuk merebut gelar juara dunia F1.

Hingga seri kedua di Bahrain, Ferrari masih berada dibawah dominasi Mercedes. Walaupun dalam sesi latihan sebenarnya tim berjuluk kuda Jingkrak asal Italia ini mampu bersaing dengan Mercedes yang menjadi pesaing utamanya.

Ferrari berusaha menjadi penantang utama untuk mengakhiri dominasi,  Mercedes di  ajang F1 tahun ini. setelah tidak memenangkan gelar deskripsi apa pun selama lebih dari satu dekade. Keberhasilan kejuaraan dunia konstruktor terakhir, yang diaih tim Scuderia adalah pada 2008, sementara Kimi Raikkonen menjadi pembalap terakhir yang memenangkan gelar untuk Ferrari berkat kemenangannya di tahun 2007.

Pesaingnya Mercedes telah memenangkan setiap kejuaraan dunia yang ditawarkan sejak dimulainya era hibrida V6 pada tahun 2014 dan dapat terus membuat sejarah lebih lanjut dengan menjadi tim pertama yang memenangkan enam kejuaraan dunia dua kali berturut-turut, suatu prestasi yang akan melampaui rekor Ferrari.

Setelah awal yang mengecewakan untuk lomba pembuka tahun 2019 di Australia di mana kecepatan Ferrari di depan dari pengujian pra-musim tidak terwujud, pasukan Italia telah menyerbu kembali di Bahrain mendominasi sepanjang latihan sebelum mengunci barisan depan di kualifikasi dengan Charles Leclerc mengamankannya posisi pole F1 perdana.

Berbicara tentang prospek Ferrari sebelum Grand Prix Bahrain, Vettel menggarisbawahi keyakinannya pada timnya menyusul serangkaian musim yang nyaris hilang dengan memburu gelar juara dunia F1 melawan Mercedes.

"Saya pikir [ini] lebih kuat," jawab Vettel ketika ditanya apakah keyakinannya pada Ferrari tetap kuat. Tahun lalu di paruh kedua musim ketika segala sesuatunya berjalan melawan apa yang kami harapkan. Saya masih berpikir ada banyak hal positif. kami membangun mobil yang sangat kuat dan kami dapat mengembangkan mobil itu sampai liburan musim panas." ungkapnya dikutip dari laman crash.net, Senin (1/4).

"Kemudian kami mulai sedikit goyah memahami apa yang benar dengan mobil itu, kami berkembang ke arah yang salah dan pada saat kami mendapatkannya kembali ada tiga atau empat balapan yang sangat penting dan kami kehilangan terlalu banyak," lanjut Vettel.

Vettel menambahkan, Secara keseluruhan, ada yang positif. Saya pikir ini khusus untuk motorsport dan Formula 1 terutama, jika Anda menang semuanya baik-baik saja tetapi jika Anda berada di urutan kedua pasti mengerikan.

"Saya tidak berpikir begitu karena kami masih memiliki sorotan dari tahun lalu dengan banyak hal positif dan melakukan upaya yang baik untuk finis kedua." jelasnya.

Vettel telah mengalami kemunduran baru-baru ini dalam dua musim terakhir setelah kekalahan gelar berturut-turut di tangan Mercedes dan juara dunia lima kali Lewis Hamilton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement