Kamis 04 Apr 2019 16:59 WIB

Dokter Persib Jelaskan Kondisi Vizcarra

Vizcarra saat ini dalam masa pemulihan seusai operasi lutut kanannya.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Gelandang Persib Bandung Esteban Vizcarra.
Foto: Abdan Syakura
Gelandang Persib Bandung Esteban Vizcarra.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masalah lutut yang diderita gelandang Persib Bandung Esteban Vizcarra akhirnya menemui titik terang. Sempat absen dalam pemusatan latihan di Batam, Vizcarra saat ini dalam masa pemulihan seusai operasi lutut kanannya.

Dokter tim Persib Rafi Ghani memaparkan ada benda asing di lutut Vizcarra. Benda asing itu merupakan serpihan tulang yang biasa disebut knee loose body. Benda ini mengganggu ruang gerak dari Vizcarra.

Baca Juga

"Loose body ada di bagian engsel membatasi pergerakan bagian lututnya, jadi tidak bisa diluruskan atau dibengkokkan. Jadi pada saat mengganjal, si lututnya terkunci dan dia merasakan nyeri," kata Rafi di Lapangan Sabuga, ITB, Kota Bandung, Rabu (3/4).

Pemain kelahiran Argentina ini kemudian menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Bandung pada Kamis (28/3) lalu. Kini Vizcarra dalam masa pemulihan operasinya.

"Ternyata memang lose body yang diangkat banyak, ada lima yang berupa fragmen tulang dari bekas cedera," kata Rafi.

Dia menyebut, lima tahun laku Vizcarra melakukan operasi astropkopi dan menyisakan serpihan tersebut. Sebelumnya serpihan ini tidak mengganggu. Namun setelah benda-benda itu turun dan berdiam di engsel, ruang gerak Vizcarra jadi terganggu.

Mengenai hasil pemeriksaan kesehatan Vizcarra sebelumnya, Rafi mengaku tidak ada masalah. Sehingga keluhan tersebut memang ada di saat Vizcarra sudah bergabung bersama Persib.

"Jadi kemungkinan ada bagian tulang yang lepas di bagian cedera lama tapi selama lima tahun tidak ada keluhan, kebetulan saat di kami ada keluhan," kata Rafi.

Ia mengatakan Vizcarra menjalani operasi astrokopi, di mana dibuat dua titik di bagian depan lutut. Ada juga sayatan di bagian belakang untuk mengangkat serpihan-serpihan yang mengganggu lutut kanannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement