Jumat 05 Apr 2019 07:57 WIB

Spurs Jadi Klub Inggris dengan Keuntungan Terbesar di Dunia

Keuntungan Spurs 113 juta poundsterling mengalahkan rekor Liverpool tahun lalu.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
 Stadion Tottenham Hotspur
Foto: EPA-EFE/Will Oliver
Stadion Tottenham Hotspur

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur menjadi klub sepak bola asal Inggris dengan keuntungan terbesar di dunia, yakni mencapai 113 juta poundsterling. Angka tersebut sekaligus mengalahkan rekor Liverpool tahun lalu dengan torehan keuntungan 106 juta poundsterling.

BBC Sports pada Jumat (5/4) melaporkan, setelah keuntungan klub dihitung, pada musim 2017/2018 disebutkan bahwa laba Spurs menanjak dari 310 juta menjadi 380 juta poundsterling.

Naiknya pendapatan itu disebabkan oleh banyaknya penonton saat Tottenham meminjam Stadion Wembley. Pemasukan dari penjualan tiket meningkat lebih dari dua kali lipat semenjak berpindah ke Wembley.

Selain itu, lolosnya tim asal London Utara itu ke Liga Champions juga menambah pundi-pundi yang berasal dari bonus. Soal pengeluaran, Tottenham merupakan tim enam besar Liga Primer Inggris yang paling hemat. Pada musim lalu, Spurs membayar gaji seluruh pemain senilai 147 juta poundsterling.

Rival sekota Spurs, Arsenal, membayar 240 juta poundsterling untuk upah skuatnya dan Manchester United membayar gaji pemainnya dua kali lipat lebih besar dibanding Tottenham.

Di sisi lain, skuat the Lilywhites tak bisa lagi memakai Stadion Wembley. Spurs sudah resmi bisa menggunakan stadion sendiri, Tottenham Hotspur Stadium, akhir pekan lalu.

Berkapasitas 62 ribu kursi penonton dan menghabiskan dana 1 miliar poundsterling, stadion baru tersebut diharapkan dapat meraup banyak pemasukan dari segi tiket untuk Harry Kane dkk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement