Ahad 07 Apr 2019 21:53 WIB

Asosiasi Wasit Italia Akui Kesalahan di Laga Milan Vs Juve

AIA menanggapi kekecewaan AC Milan karena menilai kinerja wasit buruk di laga itu.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan
Juventus vs AC Milan
Foto: REPUBLIKA
Juventus vs AC Milan

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Asosiasi Wasit Italia alias AIA menanggapi rasa kecewa kubu AC Milan setelah menelan kekalahan 1-2 dari Juventus pada lanjutan Serie A Italia giornata ke-31. Melalui perwakilannya, AIA akan bertemu dengan pihak i Rossoneri untuk mengakui adanya kesalahan dalam kekalahan tersebut.

Sebagaimana dikutip Sky Sport, Ahad (7/4) Presiden AIA Marcello Nicchi dan Nicola Rizzoli akan bertemu dengan Pelatih Milan Gennaro Gattuso serta direktur olahraga Leonardo Araujo pada, Senin (8/4) waktu setempat. Kemenangan kontroversi Juventus atas Milan mendapat tanggapan miring dari para pecinta Serie A Italia. Alhasil, nama wasit Michael Fabbri meroket, bukan karena hal positif tapi lantaran kepemimpinannya di atas lapangan yang terlihat memalukan.

Kesalahan mutlak wasit yang baru resmi diangkat menjadi wasit FIFA adalah ketika ia tidak memberikan penalti kepada tim tamu. Itu terjadi pada menit ke-37 saat umpan silang Hakan Calhanoglu dari sisi kiri pertahanan Juve mengenai tangan Alex Sandro di dalam kotak terlarang. Meski melihat tayangan ulang melalui VAR, Fabbri, memutuskan bahwa insiden itu bukan merupakan tindakan sengaja karena tangan Sandro dinilai pasif.

Tak hanya itu, kesalahan memalukan lainnya terjadi pada babak kedua tepatnya menit ke-87. Penegak lapangan hijau berkepala plontos dinilai terlalu baik kepada penyerang Bianconeri, Mario Mandzukic. Striker asal Kroasia tertangkap kamera sengaja menendang kaki kapten Milan, Alessio Romagnoli.

Meski luput dari pandangan mata, Fabbri, juga enggan menyaksikan insiden itu di VAR. Alhasil, Mandzukic lolos dari hukuman kartu merah. Sebelumnya, ia mendapat kartu kuning setelah menekel keras Samu Castillejo.

Nasib nahas justru diterima Calhanoglu, tak bermaksud melakukan hadangan keras terhadap Federico Bernardeschi ketika sedang mengontrol bola, ia malah dihukum kartu kuning. Padahal, Calhanoglu melompat dengan kaki rapat sama sekali tidak terangkat, gestur menghindari benturan berbahaya.

Milan sejatinya tampil baik ketimbang Juventus. Buktinya, i Diavollo sukses mencetak gol terlebih dahulu melalui Krzysztof Piatek pada menit ke-39. Sayang, dua gol Juventus melalui Paulo Dybala dan Moise Kean memupuskan harapan Milan mencuri tiga angka dari Turin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement