Senin 08 Apr 2019 18:13 WIB

Mendiang Hayden akan Terima Penghormatan di Sirkuit Texas

Di Texas, Hayden menjuarai 3 seri balap dengan 28 kali naik podium pada 2006-2015.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Selebrasi Nicky Hayden (ilutrasi)
Foto: AP
Selebrasi Nicky Hayden (ilutrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Balapan MotoGP seri Amerika Serikat (AS) di Sirkuit Texas akan menjadi momentum untuk mengenang mendiang mantan pembalap MotoGP, Nicky Hayden. Penghormatan itu dilakukan karena Nicky berasal dari Texas.

Seperti diberitakan Crash, Selasa (8/4), Presiden Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) Jorge Viegas dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dikabarkan akan hadir untuk melakukan seremoni bagi sang jawara dunia MotoGP tahun 2006 itu.

Bahkan, sanak keluarga dan sepeda motor Honda RC211V yang pernah dipakai Hayden saat menjadi juara juga akan dihadirkan. Sepeda motor bernomor 69 itu sebelumnya sengaja dipensiunkan pihak penyelenggara MotoGP.

Di Sirkuit Texas, Hayden menjuarai tiga seri balap dengan 28 kali naik podium dalam kurun waktu 2006-2015. Saat berpindah ke kejuaraan Superbike tahun 2016, pembalap yang dijuluki 'The Kentucky Boy' juga pernah menjuarai seri balap satu kali di sirkuit tersebut.

Hayden sempat satu tim dengan Valentino Rossi di Repsol Honda medio 2003. Ia kembali dalam satu tim bersama Rossi ketika keduanya sama-sama pindah ke Ducati pada musim 2011/2012. Hingga di tahun 2013, Hayden kembali ke Honda.

Namun nahas, pada tahun 2017, Hayden harus meregang nyawa karena kecelakaan yang menimpanya. Saat itu di Misano, Italia, Hayden sedang bersepeda di jalan lalu tertabrak sebuah mobil. Ia sempat koma selama lima hari sebelum akhirnya dinyatakan meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement