Rabu 10 Apr 2019 17:42 WIB

Solskjaer Bisa Ikuti Saran Sir Alex Saat Hadapi Barcelona

Bintang Barca Messi juga harus didesak untuk bergerak ke samping dari gawang.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson
Foto: REUTERS/Russell Cheyne
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer dapat menggunakan saran dari Sir Alex Ferguson ketika timnya menjamu Barcelona pada leg pertama perempat final Liga Champions, di Old Trafford, Kamis (11/4) dini hari WIB. Sebab, Ferguson memiliki pengalaman menghadapi tim asal Katalan tersebut.

Bentrok dua tim raksasa Eropa ini adalah yang pertama di kompetisi utama Eropa sejak Barcelona mengalahkan MU di final Liga Champions 2011 di Stadion Wembley. Ketika itu, Ferguson yang masih menjadi pelatih MU harus menyaksikan timnya takluk dengan skor 1-3.

Kepiawaian bintang Barca, Lionel Messi membuat Wayne Rooney dan kawan-kawan sulit menghentikannya. Messi bahkan menyumbang satu gol untuk Barcelona pada pertandingan tersebut. Dua gol Barca lainnya dicetak oleh David Villa dan Pedro. Sementara, MU hanya membalas satu gol dari tendangan Rooney.

Kenangan manis Barca dan Messi di Webley itu juga dapat menjadi pelecut penyerang asal Argentina tersebut memenangkan laga di kandang MU. Barcelona dinilai mempunyai ambisi membawa tiga poin ke Nou Camp.

Ferguson dalam tulisannya pada buku otobiografinya menyebutkan bagaimana menghentikan Messi di lapangan. Menurutnya, harus dipasang bek tengah yang cepat memotong pergerakannya. Bek tersebut harus selalu tepat memotong bola di depan Messi.

Kemudian, Messi juga harus didesak untuk bergerak ke samping dari gawang. Sebab, ancamannya akan berkurang jika dia berada di samping dibandingkan menusuk ke tengah dan melepaskan tembakan ke arah gawang.

"Setelah evaluasi, saya berkata pada diri sendiri: 'Ketika kami bermain melawan Barcelona berikutnya di final Liga Champions, saya akan meminta Jones dan Smalling, atau Smalling dan Evans, tepat di depan Messi. Saya tidak akan membiarkan dia menyiksa kami lagi,” ungkap pria asal Skotlandia itu dikutip dari Mirror, Rabu (10/4).

Saat ini, Messi sedang bertekad membawa timnya memenangkan treble winner. Bomber 31 tahun itu telah mencetak 33 gol di La Liga dan enam gol dari 10 pertandingan di Liga Champions. Bek MU, Chris Smalling diprediksi akan menjalankan perintah Ferguson terkait Messi.

"Saya ingin bermain melawannya dan mudah-mudahan meminimalkan peluang sebanyak mungkin, karena kami tahu pemain kelas dunia seperti apa dia,” kata Smalling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement