Senin 15 Apr 2019 03:57 WIB

Pembalap Suzuki Patahkan Dominasi Marquez di GP Amerika

Marquez gagal memperpanjang dominasi setelah terjatuh.

Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins
Foto: EPA-EFE/Fazry Ismail
Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins berhasil menjuarai GP Amerika Serikat di Sirkuit Americas, Austin, Texas, Senin (15/4) dini hari WIB. Hasil ini sekaligus mematahkan dominasi pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang selalu menjuarai balapan di sirkuit itu selama enam kali berturut-turut.

Pembalap Spanyol itu finis terdepan di balapan sepanjang 20 lap itu dengan keunggulan 0,462 detik, lebih cepat dari Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) di posisi runner-up. Kemenangan itu capaian pertama Rins di kelas MotoGP, namun ia sebelumnya juga pernah menjuarai GP Amerika Serikat di Austin saat masih membalap di kelas Moto2 pada 2015 serta Moto3 2013.

Podium ketiga diraih oleh pembalap Pramac Ducati Jack Miller. Sementara Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) yang tampil impresif, berhasil finish di urutan keempat setelah start dari posisi ke-13.

Balapan hari itu menyajikan drama, manakala Marquez gagal mencetak rekor tujuh kemenangan berturut-turut di Austin. Marquez terjatuh di tikungan 12. Pembalap asal Spanyol, yang tadinya melesat tiga detik di pimpinan lomba tidak bisa melanjutkan lomba ketika balapan masih menyisakan 12 putaran.

Kemudian Cal Crutchlow, yang mengawali balapan dari P3, juga terjatuh di Tikungan 11 pada lap kelima ketika menempel ketat di belakang Rossi. Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales kurang beruntung setelah mendapatkan penalti ride through karena melakukan jump start.

Momen bagi Rins datang di empat lap terakhir ketika dia mampu menyalip Rossi, yang mulai kehilangan traksi ban. Rossi sempat mencoba untuk menyalip Rins dari dalam tetapi masih melebar. Di lap terakhir, Rossi mencoba menekan dengan menempel ketat, tapi Rins keluar di tikungan terakhir dengan sempurna untuk menutup balapan seri ketiga musim ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement