Kamis 25 Apr 2019 19:54 WIB

Aleix Espargaro Incar Naik Podium

Selama tiga tahun membela Aprilia, Espargaro belum sekali pun ia naik podium.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Aleix Espargaro
Foto: Reuters/Benoit Tessier
Aleix Espargaro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Aprilia Aleix Espargaro merasa saat ini dirinya mampu berjuang untuk naik podium untuk pertama kalinya dalam kariernya di MotoGP bersama Aprilia. Namun dengan syarat, Aprilia harus cukup kompetitif bersaing dengan tim lainnya.

Espargaro memulai debutnya di MotoGP pada tahun 2009. Ia akan melewati perjalanannya ke-150 di MotoGP di GP Spanyol akhir pekan nanti. Satu-satunya podium yang pernah ia rasakan yaitu pada 2014 di Aragon, yaitu finis di posisi ketiga.

Pada tahun 2015-2016, Espargaro membela Suzuki. Tahun ini, pembalap asal Spanyol itu sudah berada di tahun ketiganya bersama Aprilia dan belum satu kali pun naik podium.

"Saya merasa bahwa saya mengendarai lebih baik dari sebelumnya dalam hidup saya, di rem, keputusan yang saya ambil, semuanya," ujar Espargaro dikutip Motorsport, Kamis (25/4).

Dalam dua seri pembuka musim ini, Espargaro berhasil finis di 10 besar. Oleh sebab itu, ia merasa penampilannya musim ini membaik. Itu juga yang membuat kepercayaan dirinya meningkat untuk bisa naik podium.

Namun untuk mewujudkan tekadnya itu, Espargaro menyadari tidak hanya bertumpu kepada ambisi pribadinya. Seluruh tim harus terlibat agar keinginan tersebut dapat tercapai.

Menurut Espargaro, akselerasi yang menjadi masalah Aprilia harus dicarikan solusinya. "Kami masih kuat di bagian kedua balapan, tetapi masalahnya adalah sekarang dengan mesin ini kami menggunakan lebih banyak ban pada awal lomba untuk mengikuti mereka," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement