Sabtu 27 Apr 2019 20:33 WIB

Tottenham Ditumbangkan West Ham di Markas Baru

Tottenham dipermalukan West Ham United 0-1 di Stadion Tottenham Hotspur.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang West Ham United Michail Antonio (kanan) menjebol gawang Tottenham Hotspur.
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Penyerang West Ham United Michail Antonio (kanan) menjebol gawang Tottenham Hotspur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tottenham Hotspur harus menelan hasil mengecewakan pada laga pekan ke-36 Liga Inggris di kandang sendiri. Tottenham dipermalukan West Ham United 0-1 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu (27/4).

Kekalahan itu sekaligus mematahkan tren positif the Lilywhites kala bermain di rumah baru. Ini merupakan kekalahan pertama tim asuhan Mauricio Pochettino di markas barunya dari lima laga.

Baca Juga

Meski demikian, hasil ini tak mengubah posisi mereka di peringkat ketiga klasemen dengan perolehan nilai 70. Namun, Eric Dier dkk patut waspada karena posisi mereka bisa terancam lengser oleh Chelsea yang hanya tertinggal tiga angka di urutan keempat.

Sedangkan bagi West Ham, tambahan tiga angka tak membuat mereka beranjak dari urutan ke-11 dengan 46 poin. Mark Noble dan kolega mendekat untuk masuk posisi 10 besar Liga Inggris.

Tim tamu langsung mengambil inisiatif permainan sejak peluit babak pertama berbunyi. West Ham langsung melakukan dua percobaan sekaligus ke gawang Hugo Lloris melalui tendangan spekulasi Robert Snodgrass dan juga Declan Rice dari luar kotak penalti.

Sayang, dua percobaan tersebut belum menemui sasaran. Bola masih melebar ke samping jala gawang the Lilywhites.

Tuan rumah baru membalas pada menit kelima. Son Heung-min melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti, namun bolanya masih melebar ke sisi kanan gawang West Ham yang dikawal Lukasz Fabianski.

Lagi-lagi penyerang asal Korea Selatan menebar ancaman. Tepatnya pada menit ke-11 Son kembali melakukan ancaman, dengan upaya Dele Alli yang juga masih diblok barisan pertahanan the Hammers.

Anak asuh Manuel Pellegrini tampil ciamik via pinggir lapangan. Ancaman kembali hadir melalui Felipe Anderson menit ke-19. Winger asal Brasil itu melakukan pergerakan diagonal ke arah gawang Lloris dengan langsung melakukan tembakan keras. Sayang bola masih bisa diantisipasi oleh kiper asal Prancis.

Peluang terbaik Si London Putih terjadi pada menit ke-36, saat tembakan Christian Eriksen di depan gawang bisa dimentahkan Fabianski. Hingga jeda turun minum skor kacamata bertahan.

Memasuki interval kedua West Ham kembali membuat jantung pendukung Spurs berdebar kencang. Menit ke-50 striker Marko Arnautovic melepas tembakan langsung yang kembali diselamatkan bek tengah lawan.

Memasuki menit ke-62 giliran Spurs melakukan serangan. Kembali, Son jadi inspirasi publik London Utara. Kali ini dirinya melakukan tembakan placing menggunakan kaki kiri yang kembali diredam kiper asal Polandia.

Pendukung West Ham bergemuruh ketika pada menit ke-67 sayap kanan Michail Antonio berhasil merobek gawang Lloris usai menerima umpan silang Arnautovic. Pemain Inggris itu langsung melepas sepakan kaki kanan yang tak mampu diantisipasi kapten Spurs.

Tottenham mencoba bangkit tapi kokohnya lini tengah dan belakang the Hammers membuat mereka frustrasi. West Ham justru hampir menggandakan kedudukan melalui Arnautovic menit ke-79, akan tetapi tembakannya terlalu lemah dan diselamatkan oleh Lloris dengan mudah.

Spurs unggul dalam penguasaan bola namun West Ham lebih efisien dari segi memberikan tekanan pada area penalti Tottenham. West Ham melepas tujuh tembakan berbanding lima milik tuan rumah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement