Jumat 03 May 2019 02:15 WIB

Xavi Hernandez Umumkan Gantung Sepatu Akhir Musim Ini

Xavi akan pindah haluan menekuni dunia kepelatihan setelah ia berhenti beraksi.

Xavi Hernandez.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez/ca
Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Xavi Hernandez menyatakan akan pensiun pada akhir musim ini. Xavi akan pindah haluan menekuni dunia kepelatihan setelah ia berhenti beraksi di lapangan hijau.

"Ini musim terakhir saya sebagai pemain, tetapi saya berharap melihat masa depan bagi saya sebagai pelatih," tulis Xavi, yang telah bermain untuk klub Qatar Al Sadd sejak meninggalkan Barcelona pada 2015.

Xavi telah membuat rekor 767 penampilan untuk Barcelona dan 133 untuk Spanyol. Ia mengonfirmasi rencana pensiunnya dalam sebuah surat terbuka yang dikirim kepada anggota media Spanyol pada Kamis (2/5).

"Merupakan hak istimewa untuk bermain sepak bola hingga usia 39 tahun dan sekarang saya ingin menyelesaikan musim dengan kemenangan tinggi, dengan memenangkan Piala Emir dan memasuki fase berikutnya di Liga Champions Asia," kata dia.

Xavi membuat debut untuk Barcelona pada 1998 setelah datang mengasah kemampuan di akademi La Masia. Ia memenangkan delapan gelar La Liga dan empat mahkota Liga Champions sebelum bergabung dengan Al Sadd.

Dia salah satu pemain kunci ketika Spanyol memenangkan Piala Dunia pertama dan satu-satunya pada 2010 serta trofi Piala Eropa pada 2008 dan 2012. Xavi akhirnya memutuskan pensiun dari La Roja setelah Piala Dunia 2014 yang mengecewakan.

Bulan lalu, ia membantu Al Sadd memenangkan Liga Bintang Qatar, divisi top negara itu, dan telah mencapai perempat final Piala Emir bersama timnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement