Selasa 07 May 2019 08:38 WIB

Salah Cedera, Ini Alternatif Striker Liverpool Lawan Barca

Juergen Klopp harus mencari sosok pengganti Salah dan Firmino di lini depan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Mohamed Salah (kiri) dan Roberto Firmino
Foto: EPA-EFE/Nigel Roddis
Mohamed Salah (kiri) dan Roberto Firmino

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Juergen Klopp patut pusing jelang menjalani leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield lawan Barcelona. Sebabnya, dua striker the Reds Mohamed Salah dan Roberto Firmino dipastikan absen.

Sementara, mengisi dua lubang yang ditinggalkan oleh Salah dan Firmino tentu tidak mudah bagi pemain manapun, mengingat kombinasi keduanya telah menghasilkan 42 gol musim ini. ''Dua striker terbaik di dunia tidak tersedia dan kami harus mencetak empat gol. Saya tahu hidup tidak mudah, tapi kami akan berusaha,'' ucap Klopp, dikutip dari Marca, Selasa (7/5).

Baca Juga

Klopp punya beberapa opsi untuk menggantikan Salah dan Firmino, untuk mengejar defisit tiga gol di Anfield. Ada empat opsi potensial yang bisa dijadikan senjata untuk mencetak gol :

Divock Origi

Dia memang belum mendapatkan waktu bermain yang cukup banyak musim ini. Namun dia selalu dapat diandalkan dalam setiap momen krusial. Pemain asal Belgia itu mencetak gol kemenangan lawan Everton dan Newcastle.

Xherdan Shaqiri

Pemain asal Swiss ini telah mencetak enam gol, dan memberikan assist untuk empat gol musim ini. Walaupun dirinya kehilangan ketajaman dalam beberapa pertandingan terakhir, namun Shaqiri adalah orang yang mengambil tendangan bebas dalam terciptakan gol sundulan Origi lawan Newcastle.

Daniel Sturridge

Dalam perebutan gelar Liga Inggris Liverpool pada 2013/14, dia telah mencetak 24 gol. Lalu ia beberapa kali mengalami cedera dan tak mampu bersaing dengan trisula Salah, Firmino dan Sadio Mane. Dia telah mencetak empat gol musim ini, dan menjadi starter saat lawan the Magpies.

Empat Gelandang?

Salah satu alternatif lainnya adalah mengubah formasi. Klopp selama ini mengandalkan formasi 4-3-3, dengan Salah, Firmino dan Mane di depan. Dengan hilangnya dua dari tiga striker, dan minimnya pilihan, maka mengubah formasi jadi 4-4-2 adalah suatu keniscayaan.

Sebab lini tengah Liverpool memiliki pilihan lebih baik, dan kerap menjadi alternatif pencetak gol. Gelandang yang dapat diandalkan Klopp adalah James Milner, Jordan Henderson, Fabinho dan Georginio Wijnaldum. Dengan menggunakan empat gelandang, Klopp bisa menempatkan Daniel Sturridge dan Sadio Mane di depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement