Rabu 08 May 2019 00:31 WIB

Empat Pelatih Jadi Kandidat Manajer Terbaik Liga Inggris

Klopp dan Guardiola bersaing dengan Mauricio Pochettino serta Nuno Espirito Santo.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih Manchester City Pep Guardiola dan pelatih Liverpool Juergen Klopp
Foto: istimewa
Pelatih Manchester City Pep Guardiola dan pelatih Liverpool Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pelatih pemburu gelar juara liga, Juergen Klopp dan Pep Guardiola, masuk dalam daftar kandidat peraih penghargaan Manajer Terbaik Liga Primer Inggris Musim Ini. Klopp dan Guardiola bersaing dengan Mauricio Pochettino serta Nuno Espirito Santo. Empat kandidat pelatih terbaik ini diumumkan di laman resmi Liga Primer Inggris, Selasa (7/5).

Penghargaan ditentukan oleh kombinasi pilihan fan dan opini panel eksklusif para ahli. Sehingga, empat kandidat punya peluang untuk meraih gelar. Pemenang akan diumumkan pada penghargaan Asosiasi Manager Liga pada 14 Mei.

Baca Juga

Dikutip dari 90min, Guardiola menjadi kandidat terkuat karena tim asuhannya Manchester City di ambang meraih gelar juara Liga Primer Inggris dua kali secara berurutan. Jika City benar-benar juara, Guardiola akan bergabung dengan Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho sebagai pelatih yang bisa meraih gelar Liga Primer Inggris selama dua musim berurutan.

Klopp menjadi kandidat kuat selanjutnya karena Liverpool juga masih berpeluang juara. Sejauh ini, Liverpool baru kalah sekali di liga, meskipun banyak menuai hasil imbang.

Di lain pihak, Pochettino berhasil mengakhiri musim ini dengan membawa Tottenham menduduki empat besar. Ini berarti Tottenham akan berlaga di Liga Champions musim depan. Pochettino dipuji karena mampu menjaga konsistensi Tottenham meskipun tak membeli pemain pada bursa transfer musim panas karena pembangunan stadion baru.

Yang terakhir dan diperkirakan menjadi favorit fan adalah Nuno Espirito Santo. Ia berhasil mengubah Wolverhampton Wanderers menjadi tim kejutan dan menduduki peringkat tujuh. Padahal, Wolverhampton merupakan tim promosi. Raihan 57 poin merupakan perolehan tertinggi dalam sejarah untuk tim yang baru promosi.

Musim lalu, gelar pelatih terbaik ini disabet Guardiola seiring performa mencengangkan City di liga. Belum ada pelatih yang mempertahankan penghargaan tersebut sejak Sir Alex Ferguson pada 2009. Ketika itu, Ferguson menerima penghargaan kesembilan dari 11 yang didapatkan sepanjang kariernya sebagai pelatih MU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement