Jumat 10 May 2019 06:06 WIB

Ini Cara Robert Alberts Racik Skuat Persib

Persib Bandung harus terus berkembang untuk membentuk karakter tim.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts di Lapangan Saraga, ITB, Kota Bandung, Senin (6/5).
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts di Lapangan Saraga, ITB, Kota Bandung, Senin (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung terus memantapkan tim usai berganti nahkoda. Kini skuat Maung Bandung fokus pada laga perdana di Liga 1 2019.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts menyatakan, tidak banyak yang bisa diubah dari Persib. Sehingga, ia yang mengikuti bagaimana gaya bermain Persib.

"Saya tidak bisa mengganti banyak, saya tahu gaya bermain tim, dan gaya bermain di sepak bola hanya berbeda sedikit," kata Robert di Lapangan Saraga, ITB, Kota Bandung, Kamis (9/5).

Robert mengakui dengan bergabungnya beberapa pemain baru bisa mengubah gaya permainan. Apalagi, Persib memiliki beberapa pemain berpengalaman yang bisa berguna untuk membantu pembentukan tim. "Ketika ada pemain baru tentu itu bisa mengubah pola dan kami harus cari kombinasi yang tepat," jelas dia.

Sembari menjalani Liga 1, Robert menyebut Persib harus terus berkembang. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter tim.

"Karakter itu harus dibangun, bukan sesuatu yang bisa dibentuk begitu saja. Dan ketika pemain (berpengalaman) seperti Fabiano datang, dia bisa membantu untuk membentuk karakter tim karena mereka membawa pengalaman dan itu akan berbeda," tegas pelatih berkebangsaan Belanda ini.

Di sisi lain, Robert mengakui, sebetulnya mudah membangun karakter tim Persib. Dengan segala latar belakang dan sejarah Persib, tentu ada kebanggaan tersendiri bagi pemain. "Ini mungkin terlalu cepat tapi kami tahu tim sebenarnya sudah punya karakter, yakni kebanggaan berseragam Persib, dan itu yang penting," katanya menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement