Senin 13 May 2019 12:44 WIB

Thompson: Warriors Membutuhkan Kevin Durant

Warriors punya peluang mempertahankan titel juara NBA tiga musim beruntun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Kevin Durant
Foto: EPA/Larry W. Smith
Kevin Durant

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Kendati tanpa kehadiran Kevin Durant pada gim keenam babak semifinal wilayah, Golden State Warriors akhirnya bisa melaju ke babak final NBA Wilayah Barat usai mengalahkan Houston Rockets, 118-113, Sabtu (11/5) waktu setempat. Wariors unggul dengan skor 4-2 atas Houston Rockets.

Dengan keberhasilan ini, Warriors kian dekat dengan torehan rekor sebagai tim ketiga yang mampu mempertahankan titel juara NBA dalam tiga musim beruntun, setelah LA Lakers dan Chicago Bulls. Namun, langkah Warriors di fase selenjutkan agaknya bakal sedikit terganggu dengan cedera yang dialami salah satu pemain bintangnya, Kevin Durant.

Forward berusia 30 tahun itu sempat mengalami cedera paha kanan saat tampil di gim kelima babak semifinal wilayah, tengah pekan lalu. Alhasil, Durant mesti absen di gim keenam, akhir pekan lalu. Beruntung, Warriors masih memiliki Stephen Curry dan Klay Thompson. Dua pemain ini menjadi aktor kemenangan Warriors dengan torehan poin terbanyak dari kubu Warriors di gim keenam tersebut.

Namun, absennya Durant ternyata mempengaruhi kualitas permainan Warriors. Hal ini seperti diungkapkan shooting guard Warrios, Klay Thompson. Menurutnya, tanpa kehadiran Durant, timnya tampak berusaha keras untuk menjaga kualitas permainan di sepanjang pertandingan.

''Kami tidak memiliki kemewahan itu lagi. Pemain yang bisa menyumbangkan 40 poin tidak ada di bangku cadangan. Tanpa kehadirannya, kami harus bermain lebih cerdas dan harus bisa lebih akurat dalam mengoper bola. Hal ini berbeda jika Kevin berada di sana,'' ujar Thompson sepert dikutip AP, Ahad (12/5).

Thompson mengakui, tanpa kehadiran Durant, Warriors seperti menjadi tim yang berbeda. Shooting guard berusia 29 tahun itu menyebut, kehadiran Durant sangat vital dalam usaha Warriors untuk bisa mempertahankan titel NBA pada akhir musim nanti.

''Saya senang, kami bisa menang di laga menghadapi Houston. Ini memberikan waktu buat dia untuk bisa pulih. Tentu saja, kami merindukan dia. Kami akan berusaha sekeras mungkin saat dia absen, tapi tim ini tidak akan pernah sama tanpa kehadiran dia. Dia adalah pemain terbaik kami, dan kami membutuhkan dia,'' jelas Thompson.

Durant, yang tampil impresif sepanjang babak play off, dengan rata-rata mencetak 34,2 poin, 5,2 rebound, dan 4,9 assist per gim, itu memang harus menepi dari tim Warriors usai mengalami cedera paha. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, Durant masih harus menjalani perawatan dalam beberapa hari terakhir.

Pelatih Warriors, Stephen Kerr, mengungkapkan, staf pelatih dan tim medis Warriors akan terus memantau kondisi dari Durant. ''Kami akan terus mengevaluasi kondisinya, kemudian baru akan kami lihat hasilnya. Cedera seperti ini membutuhkan update yang berkala karena itu kami akan terus melihat kondsinya dari hari ke hari,'' tutur Kerr.

Kendati begitu, sejumlah pihak menilai, Durant agaknya masih absen kala Warriors melakoni babak final Wilayah Barat, yang bakal digelar pada pekan depan. Durant diprediksi baru bisa tampil pada gim-gim terakhir babak final Wilayah Barat. Di partai final Wilayah Barat, Warriors akan menghadapi Portland Trail Blazers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement