Senin 13 May 2019 13:06 WIB

Tembakan Kawhi Leonard, Antar Toronto ke Final Wilayah Timur

Leonard membawa Raptors menaklukkan Sixers 92-90 di Scotiabank Arena.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Toronto Raptors Kawhi Leonard membawa bola melewati pemain Philadelphia 76ers Ben Simmons.
Foto: Frank Gunn/The Canadian Press via AP
Pemain Toronto Raptors Kawhi Leonard membawa bola melewati pemain Philadelphia 76ers Ben Simmons.

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO — Toronto Raptors memastikan langkah ke final Wilayah Timur NBA dengan dramatis. Kahwi Leonard menjadi pahlawan Raptors saat meladeni Phuiladelphia 76ers. Lewat tembakan dua angka yang bertepatan dengan bunyi bel tanda laga berakhir, Leonard membawa Raptors menaklukkan Sixers 92-90 di Scotiabank Arena, Toronto, Senin (13/5) WIB.

Saat waktu tersisa 4,2 detik dan skor imbang 90-90, Raptors mendapatkan bola inbound. Leonard menerima bola dan mendribel ke kanan, ke sisi kiri pertahanan Sixers. Meskipun dijaga ketat Joel Embiid, Leonard tetap percaya diri mengangkat bola dan mengarahkannya ke ring tepat sebelum waktu berakhir. Bola sempat memantul sebanyak empat kali di bibir ring sebelum masuk untuk memastikan kemenangan tim. Kemenangan dramatis ini langsung disambut gemuruh Raptors.

Baca Juga

Dengan kemenangan tersebut Raptors memastikan satu tempat di final Wilayah Timur, karena unggul 4-3 dengan format play-off best of seven. Di partai puncak wilayah Timur, Raptors akan menghadapi tim terbaik di babak reguler, Milwaukee Bucks. Bucks ke final setelah mengalahkan Boston Celtics 4-1.

Kedua tim sempat kesulitan mencetak angka di partai yang menentukan ini, Tuan rumah mampu unggul 18-13 di akhir kuarter satu. Namun ternyata keunggulan lima angka tersebut begitu berarti. Pasalnya di kuarter berikutnya perebutan angka berlangsung ketat. Akhir kuarter dua Sixers memangkas jarak 40-44.

 

Kuarter ketiga Sixers surplus satu angka setelah mencetak 24 angka dan kemasukan 23 angka. Begitupun di kuarter empat, Sixers mengumpulkan lebih banyak yakni 26 berbanding 25. Namun itu semua tidak cukup. Sixers pun harus mengubur impian lolos ke partai final wilayah setelah kalah 90-92.

Kawhi yang menjadi tumpuan utama Raptors, kembali menunjukan kemampuannya. Selain sumbangan 41 poin, pemain berusia 27 tahun kelahiran Los Angeles ini juga mengemas 8 rebound. Serge Ibaka membantu dengan 17 poin, diikuti Pascal Siakam 11 angka dan 11 rebound, Kyle Lowry membukukan 10 poin, 6 assist dan 6 rebound, serta Marc Gasol finis dengan 7 poin dan 11 rebound.

Joel Embiid memimpin rekannya di Sixers dengan torehan double-double 21 poin dan 11 rebound. JJ Redick mendulang 17 poin, Jimmy Buttler 16 angka, Tobias Harris juga mencetak double-double 15 poin 10 rebound, serta Ben Simmons menambah 13 poin dan 8 rebound.  

Usai laga seperti dikutip dari Nytimes.com, Leonard mengatakan "Saya hanya tahu saya harus menembaknya tinggi, saya tahu itu gim ketujuh. Ini bisa menjadi pertandingan terakhir saya untuk musim ini," kata dia.

Sedangan Joel Embiid menangis ketika dia berjalan ke ruang ganti di tengah perayaan Raptors. Ia mengaku sulit menerima kekalahan pada gim penentuan seperti ini dengan tembakan seperti Leonard. “Aku merasa kami punya kesempatan. Banyak hal melewati pikiran Anda. Menyebalkan sekali. Saya tidak tahu. Saya tidak bisa menjelaskannya," kata dia.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement