Jumat 17 May 2019 05:58 WIB

Ini 8 Fakta Menarik Usai Ajax Juara Eredivisie 2018/2019

Ini menjadi trofi ke-34 sepanjang sejarah klub Ajax.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Ajax Amsterdam Frenkie de Jong, Andre Onana, Dailey Blind, dan Klaas Jan Huntelaar merayakan kemenangan timnya setelah menekuk De Graafschap Doetinchem di Doetinchem, Belanda, Kamis.
Foto: EPA
Pemain Ajax Amsterdam Frenkie de Jong, Andre Onana, Dailey Blind, dan Klaas Jan Huntelaar merayakan kemenangan timnya setelah menekuk De Graafschap Doetinchem di Doetinchem, Belanda, Kamis.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Ajax Amsterdam berhasil menebus dosa di turnamen elite Eropa, Liga Champions, dengan menjuarai Liga Belanda 2018/2019. Kemenangan 4-1 dari De Graaafschap pada pekan ke-34 di Stadion De Vijverberg, Kamis (16/5) dini hari WIB, menyelesaikan musim Ajax dengan unggul tiga poin atas rival terdekat PSV Eindhoven.

Ini menjadi trofi ke-34 sepanjang sejarah klub dan gelar juara ini juga yang pertama bagi De Joden setelah terakhir kali meraihnya pada 2014 lalu, sekaligus menghentikan dominasi PSV yang menguasai Eredivise dalam tiga musim terakhir.

Baca Juga

Awalnya, kesebelasan asal ibu kota Belanda bukanlah tim yang lebih difavoritkan menjadi kampiun musim ini. Bahkan, Dusan Tadic dkk sempat lama tertahan di posisi dua klasemen dan setia hanya membayangi rivalnya Red White Army.

Beruntung, Ajax mampu memanfaatkan kesempatan untuk menggulingkan PSV pada speelronde ke-29 dan sejak itu De Godenzonen mampu mempertahankan singgasananya hingga laga pamungkas alias pekan ke-34. Sejatinya delapan kemenangan beruntun di akhir kompetisi merupakan faktor kunci keberhasilan Ajax menyalip PSV di klasemen.

Berikut 8 fakta menarik usai Ajax Juara Liga Belanda 2018/2019 dikutip Opta, Kamis (16/5):

1.  Ajax adalah tim pertama yang memenangkan Eredivisie dan Piala KNVB di musim yang sama sejak PSV pada 2004/2005

2.  Kesebelasan asal ibu kota Belanda sukses mengklaim dua gelar juara musim 2018/2019 dengan trofi KBVB dan Liga Belanda

3.  Armada Erik ten Hag hanya menelan empat kekalahan dengan dua kali seri di sepanjang kompetisi Liga Belanda

4.  Ajax Amsterdam sukses mengakhiri puasa gelar Liga Belanda sejak terakhir kali terjadi pada musim 2014

5.  Dusan Tadic dari AFC Ajax mencetak 24 dari 25 penalti terakhirnya di Eredivisie

6.  Ini menjadi trofi ke-34 sepanjang sejarah klub

7.  Erik ten Hag adalah pelatih kedua dalam sejarah dengan 40 kemenangan dari 50 pertandingan Eredivisie pertamanya sebagai pelatih tim tertentu, setelah Stefan Kovacs

8.  Ajax mencetak 119 gol musim ini di liga, yang terbanyak ketiga untuk tim mana pun dalam satu kampanye Eredivisie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement