Sabtu 18 May 2019 19:09 WIB

Valencia Mengejar Tiket Terakhir Liga Champions

Tiket Liga Champions musim depan masih bisa terlepas dari genggaman Valencia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
Marcelino Garcia Toral
Foto: EPA-EFE/MIGUEL ANGEL POLO
Marcelino Garcia Toral

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Untuk pertama kalinya di pentas La Liga musim ini, Valencia akhirnya berhasil menempati peringkat keempat di papan klasemen sementara La Liga Spanyol. Kemenangan 3-1 atas Alaves dan kekalahan Getafe dari Barcelona pada akhir pekan lalu menjadi momen kunci keberhasilan Los Che menembus zona Liga Champions.

Kendati memiliki koleksi poin yang sama dengan Getafe, yaitu 58 poin dari 37 partai, tapi Los Che berhak menempati posisi keempat lantaran unggul jumlah selisih gol dibanding el Geta. Kebangkitan Los Che pada paruh kedua La Liga musim ini, dengan keberhasilan mengumpulkan 35 poin dari 17 laga, akhirnya membawa Los Che kini berada di posisi empat besar.

Namun, tiket Liga Champions musim depan masih bisa terlepas dari genggaman Valencia. Hingga laga pamungkas liga pada pekan ini, tiket tersebut masih berpotensi direbut oleh Getafe dan Sevilla.

Valencia tidak punya pilihan lain kecuali memenangkan laga terakhir La Liga pada Sabtu malam ini. Guna mengamankan tiket Liga Champions, El Che harus bisa membawa pulang kemenangan dari laga lawatan ke markas Real Valladolid.

''Sekarang kepastian lolos ke Liga Champions musim depan berada sepenuhnya di tangan kami. Namun, kami ingin memastikan hal tersebut dengan kemenangan di laga terakhir kontra Real Valladolid,'' kata penyerang Valencia, Santi Mina, seperti dikutip laman resmi klub.

Jika berhasil meraih kemenangan di Stadion Jose Zorilla, Valencia akan pertama kalinya menorehkan tiga kemenangan beruntun di pentas La Liga musim ini. Namun pelatih Valencia, Marcelino Garcia Toral, menegaskan kemenangan di Stadion Jose Zorilla bukan hanya berarti kepastian finish di peringkat keempat dan tampil di kancah Liga Champions musim depan.

Kemenangan di laga tersebut bakal menjadi modal besar buat Los Che kala menghadapi Barcelona di partai puncak Copa Del Rey pada Sabtu (25/5) mendatang. Hal ini terkait dengan suntikan kepercayaan diri dan mentalitas bertanding para penggawa Valencia, terutama jika mereka berhasil menuntaskan La Liga di posisi keempat.

''Apa yang kami perlu lakukan adalah meraih kemenangan di dua laga terakhir di musim ini. Jika kami bisa memastikan posisi di peringkat keempat lewat kemenangan di laga kontra Valladolid, maka itu akan meningkatkan moral para pemain di laga final Copa Del Rey. Untuk itu, sekarang kami akan fokus sepenuhnya di laga kontra Valladolid,'' kata Marcelino seperti dikutip laman resmi klub.

Marcelino menilai kondisi Real Valladolid yang dipastikan bakal bertahan di pentas La Liga, justru bakal memberikan tantangan tersendiri buat Los Che. Para penggawa Valladolid akan bermain tanpa beban dan terbebas dari kewajiban untuk meraih tiga poin.

Kemenangan 2-1 atas Rayo Vallecano, akhir pekan lalu, memang membawa Valladolid selamat dari ancaman degradasi. Berada di peringkat ke-16, tim berjuluk Albivioletas itu telah mengantongi selisih empat poin dari peringkat ke-18, Girona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement