Selasa 21 May 2019 00:23 WIB

Timnas Basket Putri Bakal Dipegang Pelatih Asal Australia

Inisial LC bisa merujuk pada pelatih Adelaide Lightning, yakni Chris Lucas.

Timnas basket putri yang menjalani TC di Cirebon bersama Menpora Imam Nahrawi.
Foto: Instagram @hermanto1978
Timnas basket putri yang menjalani TC di Cirebon bersama Menpora Imam Nahrawi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional basket putri Indonesia kemungkinan akan dipegang oleh pelatih asing untuk SEA Games 2019. Manajer timnas basket putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja menyatakan, pihaknya saat ini tengah menjajaki pembicaraan dengan seorang pelatih asal Australia.

"Rencananya dari Australia, 85 persen hampir confirm dengan dia," kata Christopher saat ditemui di sela perayaan juara ABL BTN CLS Knights Indonesia di Menara BTN, Jakarta, Senin (21/5). "Inisialnya LC, dia sudah punya pengalaman panjang di liga tertinggi Australia."

Jika merujuk pada penelusuran Antara, inisial LC bisa merujuk pada pelatih Adelaide Lightning, yakni Chris Lucas. Ia sudah malang melintang sebagai pelatih kepala tim senior basket di Australia sejak 1993 menangani West Adelaide Basketball Club.

Masa tersukses Lucas terjadi pada musim 2014/2015 dan 2015/2016 ketika ia berhasil membawa JCU Townsville Fire menjuarai Liga Bola Basket Putri (WNBL) Australia dua musim beruntun.

Baru-baru ini dalam Piala Dunia Basket Putri 2018, Lucas menjadi asisten pelatih Australia Sandy Brondello. Ia membantu Brondello mengantarkan Australia menjadi runner-up kejuaraan basket putri paling bergengsi di dunia itu.

Prestasi terbaik timnas basket putri Indonesia di SEA Games adalah medali perak pada edisi 2015 di Singapura. Timnas putri kemudian perunggu di Kuala Lumpur, Malaysia, dua tahun berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement