Jumat 24 May 2019 00:01 WIB

Beto Goncalves Yakin Maksimal Main di Formasi 4-4-2 Timnas

Beto mengaku sudah terbiasa dengan formasi 4-4-2, terutama ketika berkiprah di Brasil

Alberto 'Beto' Goncalves
Foto: INASGOC/Hery Sudewo
Alberto 'Beto' Goncalves

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang Alberto 'Beto' Goncalves merasa yakin dapat bermain maksimal dalam formasi 4-4-2 intan atau 4-4-2 diamond di tim nasional Indonesia yang kerap diterapkan pelatih Simon McMenemy. Beto mengaku sudah terbiasa dengan formasi 4-4-2, terutama ketika berkiprah di Brasil.

"Saya tidak ada masalah dengan itu. Saya akan cepat beradaptasi," ujar Beto ketika dihubungi dari Jakarta, Kamis (23/5).

Pesepak bola berusia 37 tahun itu belum pernah menikmati formasi 4-4-2 diamond di tim nasional Indonesia. Sebelum dipanggil ke timnas pada Rabu (22/5), pemain naturalisasi dari Brasil ini memang belum pernah berlaga di bawah instruksi Simon McMenemy.

Sejak membela tim nasional U-23 dan timnas senior Indonesia mulai tahun 2018, Beto dilatih oleh Luis Milla dan Bima Sakti yang sering menggunakan formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3. Di formasi seperti itu, Beto kerap turun sebagai penyerang tengah. Ia mencetak tujuh gol untuk timnas U-23 dan timnas Indonesia.  Rinciannya, dua gol datang saat laga persahabatan, empat gol di Asian Games 2018 dan satu gol di Piala AFF 2018.

Formasi 4-4-2 Simon McMenemy mengutamakan penguasaan bola di lini tengah dan tidak bertumpu pada serangan sayap seperti strategi timnas di bawah kepemimpinan Luis Milla maupun Bima Sakti. Kebijakan Simon tersebut membawa satu kemenangan bagi Indonesia yaitu saat menghadapi tuan rumah Myanmar di laga FIFA dengan skor 2-0 pada Senin (25/3).

Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Yordania pada Selasa (11/6) dan menjamu Vanuatu di Jakarta pada Sabtu (15/6) dalam pertandingan persahabatan FIFA. Pertandingan internasional itu sebagai persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimulai September 2019. Laga tersebut juga sangat penting bagi Indonesia karena jika menang akan mendongkrak peringkat FIFA Indonesia.

Termasuk Beto, ada 25 pemain yang dipanggil pelatih Simon McMenemy untuk dua pertandingan itu. Mereka akan menjalani pemusatan latihan (TC) pada 30 Mei-5 Juni 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement