Rabu 29 May 2019 16:36 WIB

Lewis dan Fitzgerald Jadi Wasit Debutan Final NBA

Mike Callahan adalah wasit yang terbanyak memimpin di laga puncak.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Logo NBA
Foto: www.free-picture.net
Logo NBA

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Eric Lewis dan Kane Fitzgerald menuju final NBA untuk pertama kalinya. Keduanya termasuk di antara 12 wasit yang dipilih untuk memimpin duel partai puncak NBA musim ini yang mempertemukan Toronto Raptors melawan Golden State Warriors.

Lewis dan Fitzgerald adalah dua wasit pemula di final tahun ini yang masuk dalam daftar 12 wasit yang akan bertugas. Dari sejumlah nama, Mike Callahan adalah yang terbanyak memimpin di laga puncak. Dia terpilih untuk bekerja di final untuk ke-16 kalinya.

Disusul oleh Scott Foster yang telah meniup laga final NBA untuk ke-12 kalinya. Wasit lain yang dipilih adalah Tony Brothers, James Capers, Marc Davis, John Goble, David Guthrie, Ed Malloy, Jason Phillips, dan Zach Zarba.

Wasit yang akan memimpin di partai final dipilih berdasarkan evaluasi yang dilakukan atas kinerja selama tiga putaran pertama babak play-off. Ke-12 wasit dijadwalkan untuk bekerja setidaknya sekali dalam seri final.

Di dalam kompetisi NBA, wasit yang memimpin pertandingan selama ini merupakan wasit senior yang sudah berpengalaman. Hal ini tentu membuat pemain respek terhadap keputusan sang pengadil.

Selain dalam mengambil keputusan, jika ada keraguan atau ada protes dari salah satu kubu, para pengadil itu juga dibantu dengan pemutaran video yang bisa menampilkan dari berbagai posisi. Serta mendapat masukan dari mantan wasit untuk menghasilkan keputusan yang lebih adil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement