Sabtu 01 Jun 2019 07:15 WIB

Federer dan Nadal Lolos ke Babak Keempat Prancis Terbuka

Federer menjadi petenis tertua di Grand Slam yang masuk babak empat Prancis Terbuka.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Reiny Dwinanda
Roger Federer (kiri) melaju ke babak keempat Roland Garros setelah menyingkirkan petenis Norwegia, Casper Ruud, Jumat.
Foto: AP
Roger Federer (kiri) melaju ke babak keempat Roland Garros setelah menyingkirkan petenis Norwegia, Casper Ruud, Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Dua petenis top dunia, Roger Federer dan Rafael Nadal melaju ke putaran keempat Prancis Terbuka 2019 yang berlangsung di Rolland Garros Arena, Jumat (31/5). Federer mengalahkan petenis Norwegia, Casper Ruud 6-3, 6-1, 7-6, sementara Nadal menyingkirkan David Goffin 6-1, 6-3, 4-6, 6-3.

Kemenangan ini cukup istimewa bagi Federer karena ia menjadi orang tertua di Grand Slam yang mencapai babak keempat sejak Jimmy Connors di AS Terbuka pada 1991. Federer yang berusia 37 tahun juga menjadi pemain pertama memainkan 400 pertandingan Grand Slam.

Baca Juga

“Saya merasa bahwa 20 tahun perjalanan karier saya berjalan terlalu cepat. Ketika saya memulai tur, Ruud hampir tidak dilahirkan,” ujar Federer yang menjuarai Prancis Terbuka 2009 ini, dikutip dari BBC, Sabtu (1/6).

Federer akan menghadapi petenis asal Argentina, Leonardo Mayer di babak keempat. Federer merenungkan perjalanannya di Rolland Garros pertamanya tahun ini sejak terakhir kali pada 2015.

Beberapa bulan lalu, dia mengaku tak tahu akan sampai mana perjalanannya di Prancis Terbuka 2019. Setelah memastikan diri lolos ke babak keempat, petenis asal Swiss tersebut mengetahui level permainannya saat ini. Meskipun belum bisa mengetahui pasti level permainan terbaiknya, tapi Federer merasa sudah berada di level tersebut.

photo
Rafael Nadal melaju ke babak empat Prancis Terbuka setelah menyingkirkan David Goffin, Jumat.

Sementara itu, Nadal akan berhadapi petenis Argentina, Juan Ignacio Londero. Nadal yang asal Spanyol mengatakan perjuangan keras harus dikeluarkan untuk mengalahkan David Goffin.

"Set-dan-setengah pertama benar-benar fantastis, luar biasa. Sulit untuk bermain dengan sangat baik. Saya melakukan segalanya dengan sempurna. Melayani. Hampir sepanjang waktu saya menyerang," kata Nadal yang juarabertahan Prancis Terbuka.

Nadal menilai dirinya sudah mengendalikan permainan. Ia berusaha mengeksploitasi permainan lawan, namun di sepanjang pertandingan cukup sulit untuk memaklukkannya.

Nadal sempat kehilangan satu set dalam pertandingan tersebut yang kedua kalinya dari 17 pertandingan di Prancis. Federer maupun Nadal mempunyai peluang untuk saling bertemu pada semifinal Prancis Terbuka ini dengan syarat mereka sama-sama mengalahkan lawan-lawannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement