Ahad 09 Jun 2019 11:02 WIB

Southgate tak Rombak Total Skuat Inggris untuk Hadapi Swiss

Inggris akan menghadapi Swiss untuk perebutan juara ketiga UEFA Nations League.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan
Gareth Southgate (tengah) bersama timnas Inggris.
Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko
Gareth Southgate (tengah) bersama timnas Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, GUIMARAES -- Pelatih tim nasional (timnas) Inggris, Gareth Southgate menyatakan tidak akan merombak besar-besaran skuat timnya untuk menghadapi Swiss. Inggris akan menghadapi Swiss untuk memperebutkan juara ketiga UEFA Nations League.

Southgate tetap memainkan pola permainan serupa di babak perebutan juara ketiga UEFA Nations League, di stadion D. Afonso Henriques, Guimaraes, Ahad (9/6) pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

Meski tidak mengganti pola permainan, Southgate akan mengistirahatkan beberapa pemain karena kondisi yang tidak fit. "Saya masih menunggu kabar dari Ben Chilwell, Marcus Rashford, Jordan Henderson dan beberapa pemain lainnya," katanya seperti dilansir Sky Sport.

Tak merombak pola permainan tim, Southgate mengatakan bahwa pihaknya butuh stabilitas permainan untuk merebut posisi ketiga kejuaran antarnegara Eropa tersebut.  "Saya tidak akan mengubah secara total, karena penting menjaga stabilnya line-up," ujarnya.

Southgate sempat membuat kejutan setelah mengganti formasi permainannya usai ajang Piala Dunia 2018. Ia mengubah pola tiga bek menjadi empat bek setelah gagal di Russia.

Strategi tersebut dianggap efektif karena Inggris berhasil membukukan enam kemenangan dari delapan pertandingan terakhir.  Rashford dan kawan-kawan mampu mengalahkan Spanyol dan Kroasia pada rentetan kemenangan itu, mereka baru menelan kekalahan saat menghadapi Belanda di semifinal UEFA Nations League.

Namun, komentator sepak bola asal Inggris, Gary Neville, sangsi bahwa tim racikan Southgate dapat merebut tempat ketiga jika mempertahankan formasi yang sama setelah ditekuk Belanda.  Menurutnya, justru permainan defensif akan menjadi bumerang karena sudah diketahui oleh lawan.

"Solusinya adalah hindari permainan defensif seperti melawan Belanda, Southgate harus kembali menggunakan tiga bek," katanya menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement